CIBINONG TODAY – Akhirnya, Ketua DPC Taruna Merah Putih yang juga Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPC PDIP Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa, resmi dan sah mendaftarkan diri ikut bursa penjarinagn bakal calon bupati Bogor yang dibuka PDI Perjuangan.

Egi ditemani istrinya, Heni Hermawati datang bersama iringan ojek online dan parade kebudayaan, disambut aksi Baronsai serta Marawis, mendatangi gedung PDI Perjuangan di Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor untuk mengembalikan formulir penjaringam calon Bupati Bogor.

“Saya ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan semua yang telah menyempatkan datang. Keragaman ini mengingatkan kita akan ke Indonesian yang Bhineka Tunggal Ika. Kita negara yang terdiri banyak suku, bangsa dan juga agama,” ujar Egi, di Kantor DPC PDIP Kabupaten Bogor, Selasa (6/6/2017).

Alasannya maju untuk mencalonkan diri dalam penjaringan calon Bupati Bogor, karena sebagai kader partai, ia ingin memberikan kontribusi terbaik untuk membangun Kabupaten Bogor. Menurut dia, yang perlu dibenahi oleh pemerintahan ke depan adalah soal pemerataan pembangunan, merawat kebhinekaan dan sinkronisasi  pembangunan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. “Pemerataan pembangunan ini yang harus kita tingkatkan, dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kita ke depan,” paparnya.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor, dari dapil V ini  merasakan ketimpangan pembangunan antara pusat pemerintahan dengan pinggiran, menimbulkan kecemburuan sosial. Dampak yang tidak kalah pentingnya, kesempatan kerja di pinggiran menjadi sangat terbatas dan mengakibatkan tingginya angka pengangguran dan kemiskinan. “Kesannya masih Cibinong Sentris,” kata dia

Terkait kebhinekaan, menurut Egi, Kabupaten Bogor merupakan daerah yang heterogen. Untuk itu, keberagaman ini harus disikapi dengan bijak, toleransi harus di kedepankan dan tidak boleh ada pihak atau kelompok yang merasa paling benar dan menyalahkan pihak lain. “Kita ini Indonesia, Kita Pancasila yang Berbhineka Tungga Ika. Keragamaan justru harus dijadikan kekuatan untuk membangun bangsa dan negara ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bapilu DPC PDIP Kabupaten Bogor, Ronald mengatakan, parade kebudayaan dalam penyerahan formulir pendaftaran, menunjukkan ke Indonesiaan yang masih dijaga. “Kami sangat mengapresiasi,” ucap Ronal.

Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai DPC PDIP Kabupaten Bogor, Haryanto menambahkan, pengembalian formulir dengan iringan parade kebudayaan yang dilakukan oleh Egi menjadi surprise bagi DPC. “Karena yang seperti ini baru pertama, saya tidak tahu bakal calon yang lain akan seperti ini atau tidak. Ini menunjukkan kekompakan dan sangat wajar karena Saudara Egi ini adalah bagian dari kita,” tutur Haryanto.

Penyerahan formulir baru tahap awal dari rangkaian penjaringan calon. Ia memastikan, semua formulir pendaftaran yang diterima DPC nantinya akan dipleno oleh pengurus DPC untuk selanjutnya diserahkan ke DPD PDIP Propinsi Jawa Barat. “Nantinya ada yang menjadi kewenangan DPP, dan saya himbau agar semua kader mendukung apapun nanti keputusan partai,” kata dia.

Semua bakal calon yang lolos seleksi administrasi nantinya akan diuji melalui survei untuk mengetahui sejauh mana tingkat popularitas dan elektabilitasnya. “Akhir Juni ini akan dimulai survei, jadi saya himbau bakal calon untuk turun ke masyarakat untuk mengenalkan diri,” ujarnya.

Tahapan selanjutnya, akan ada sekolah partai yang wajib diikuti oleh bakal calon. “Nanti juga akan ada fit and propertest, jadi bakal calon harus sudah menyiapkan visi dan misi,” tandasnya. (Iman R Hakim)

loading...