JAKARTA TODAY – Cabang olahraga wushu menjadi penyumbang medali pertama bagi kontingen Indonesia pada Asian Games 2018.  Indonesia berhasil mendapatkan medali perak dari cabang olahraga wushu kelas Cangquan Putra, Minggu, (19/8/2018) di Jiexpo, Kemayoran. Dalam pertandingan ini Indonesia diwakili oleh Edgar Xavier Marvelo yang tampil sangat baik. Dia sukses meraih medali perak dengan torehan 9.72 poin.

Edgar Xavier Marvelo berhasil unggul atas atlet asal Taiwan, Tsai Tsemin, yang mengoleksi 9.70 poin. Adapun medali emas diperoleh atlet asal China Sun Peiyuwan (9.75 poin).

“Terima kasih kepada.semua pihak termasuk kepada pengurus, pelatih dan teman-teman semua. Juga kepada keluarga saya yang memberikan dukungan dan semangat kepada saya sehingga berhasil meraih medali perak,” ujar Edgar Marvelo.

Pelatih kepala cabang wushu, Noviyanti, turut bangga atas pretasi yang  diraih anak asuhnya. “Medali ini juga dipersembahkan bagi bangsa dan negara yang berulang tahun ke-73,” tutur Novi.

Hal senada diutarakan pelatih Marvelo, Susyana. “Luar biasa. Memang dari awal kami tidak menargetkan dia meraih medali emas. Pokoknya main bagus,” ucap Susyana.  “Ternyata, Marvelo dapat perak. Pencapaian ini cukup bagus mengingat Marvelo adalah atlet baru. Saya bangga atas hasil ini,” tuturnya melanjutkan. Pada pertandingan selanjutnya, ratu wushu dunia, Lindswell Kwok, yang mewakili Indonesia bakal bertanding di kelas Taijiquan. (net)

loading...