JAKARTA TODAY- Pasar otomotif roda empat Indonesia sebentar lagi akan kedatangan pemain baru dari China yaitu, PT SAIC-GM-Wuling (SGMW). Produsen asal China tersebut nantinya akan fokus di segmen mobil Multi Purpose Vehicle (MPV).

Hingga saat ini PT SAIC-GM-Wuling (SGMW), belum juga membocorkan lebih detail mengenai kapan mereka memulai produksi. Wuling baru mengatakan bahwa mereka akan mulai produksi pada kuartal kedua tahun ini.

Namun Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan Wuling siap poduksi pada Juli mendatang.

“Dia (Wuling) siap produksi bulan Juli. MPV kelas 1.200 sama MPV kelas 1.500,” ujarnya kepada wartawan, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Selain itu, Putu juga mengatakan, saat peresmian pabriknya yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, Wuling berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkenan untuk membuka peresmian tersebut.

Hal tersebut dirasa wajar oleh Putu, mengingat jumlah investasi yang cukup besar, penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak, serta melibatkan pemasok lokal.

“Dia di dalam komplek (pabrik)-nya itu, dia ada dinamakan taman industri dia bilang, di lahan 60 hektar itu, di situ dia naruh kira-kira 16 industri komponen pemasok, jadi total bisa 5.000-an karyawan yang bekerja,” tuturnya.

“Jadi yang dibawa (pemasok lokal), dikasih tempat di dekat pabrik dia, tapi dia juga ngambil komponen dari beberapa industri yang sudah ada,” pungkas Putu.(Yuska/dtk)

loading...