CIBINONG TODAY – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tengah gencar melakukan sosialisasi penyakit Rubella di setiap penjuru Bumi Tegar Beriman. Pasalnya, penyakit yang menyerupai campak itu mulai menghantui warga Kabupaten Bogor.

Rubella yang juga disebut Campak Jerman sudah mulai masuk Indonesia. Untuk wilayah Cibinong, sudah ada dua warga yang terkena Rubella. “Kami sudah mulai melakukan pencegahan dengan cara melakukan vaksinasi agar virus tersebut tidak menular ke warga lainnya,” kata Kepala UPT Puskesmas Cibinong, dr. Rika Sri Ratna Mulyani, Kamis (27/7/2017).

Pelaku kesehatan pun mulai gencar melakukan sosialisasi sebagai upaya pencegahan penularan penyakit tersebut. “Semenjak diinformasikan bahwa 2017 ini akan diadakan kampanye Rubella dari situ kami mulai membuat jadwal sosialisasi terkait penyakit tersebut,”

Sebelum pihak UPT Kesehatan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terlebih dahulu para pelaku baik ditingkat kecamatan hingga desa dibekali dan diberikan bimbingan terlebih dahulu oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor.

“Sosialisasi ini sudah dilakukan sejak awal 2017 dimulai dari tingkat desa dan kelurahan dan untuk wilayah UPT kami, sudah tiga kelurahan telah dilakukan sosialisasi,” paparnya.

Puskesmas pun melakukan kampanye dengan melatih guru sekolah dan kader Posyandu mengenai bahaya dan pencegahan penyakit Rubella. Setelah itu, guru dan para kader pun melakukan sosialisasi di sekolah – sekolah dan di Posyandu. (Fathya MG)

loading...