CIBINONG TODAY – Agustus merupakan bulan yang sudah tidak dikunjungi musim penghujan, dimana bulan tersebut masuk bulan kemarau. Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor telah siap siaga mempersiapkan pasokan air bersih untuk dikirim ke tempat – tempat yang kekurangan air bersih nantinya.

“Kemarin, BPBD sudah melakukan rapat dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor untuk membantu daerah yang mengalami kekeringan. Kami telah menyiapkan 4 tangki air bersih untuk memberikan pasokan air kepada daerah yang mengalami kekeringan,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan Bidang Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Rahmat, Kamis (10/8/2017).

BPBD bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bogor untuk mendapat pasokan air bersih. “Kami pun sudah mengirim surat ke setiap kecamatan untuk melihat potensi air di kecamatan masing-masing sudah cukup atau tidak. Jika tidak, atau berpotensi kekeringan, kami akan segera membantu memasok air bersih ke daerah tersebut,” papar Rahmat.

Tidak hanya itu, pihak BPBD pun memberikan peringatan kepada warga agar menghemat air bersih. BPBD juga memberitahu cara – cara pencegahan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kekeringan dimusim kemarau ini.

“Caranya yaitu, dengan memanfaatkan sumber air secara efisien dan efektif, menanam pohon dan tanaman perdu sebanyak – banyakanya disetiap jengkal lahan yang ada di lingkungan tempat tinggal kita. Memperbanyak resapan air dengan menutup semua permukaan dengan plester semen atau ubin keramik, memprioritaskan sumber air yang masih tersedia sebagai air baku untuk air bersih, dan melakukan gerakan hemat air juga sumur pompa. Kurang lebih seperti itu,” pungkasnya. (Diana MG)

loading...