BOJONGGEDE TODAY – Warga Rukun Warga (RW) 06,  Desa Cimanggis Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor ramai-ramai bergotong-royong membangun jalan lingkungan (Jaling) sepanjang 540 meter, Senin (31/07).

Kepala Desa (Kades) Cimanggis, H.Aziz Anwar mengatakan, infrastruk­tur yang mulus merupakan fak­tor penunjang peningkatan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan pemerataan pem­bagunan di wilayah. Warga bergotong-royong membangun jalan setapak di RW 06.

Aziz menerangkan, pembangunan jaling sepanjang 540 meter bersumber dari Dana Desa (DD) tahap I tahun anggaran 2017. Namun yang menjadi keberhasilan adalah tingkat partisipasi dan swadaya masyarakat dalam proses pengerjaan dalam bentuk tenaga maupun hal lainnya.

“Kami terus bergo­tong-royong membangun jalan desa. Pembangunan desa tak cukup mengandalkan dari dana desa saja. Jauh lebih penting ialah menanamkan nilai gotong royong antar warga, dengan pelibatan seluruh lapisan masyarakat pembangunan terasa lebih ringan dipikul,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 06, Jahrudin Alex dilokasi kegiatan mengatakan keterlibatan warga dalam pembangunan jaling diwilayahnya menjadi indikator keberhasilan Pemerintah Desa (Pemdes) Cimanggis bersama dengan pihaknya dalam mendorong partisipasi dan swadaya masyarakat.

“Semoga kekompakan Masyarakat di RW 06 ini bisa lebih ditingkatkan lagi sampai kapanpun itu juga kami harap pembangunan yang sudah terealisasikan bisa bertahan lama hingga bisa selalu dinikmati, sehingga memudahkan masyarakat yang ada di lingkungan ini,” katanya.

Sementara itu Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Bojonggede, Iman Taufik menuturkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi Pemdes Cimanggis yang mampu menggerakkan warga setempat ikut terlibat dalam pembangunan.

Menurutnya ini merupakan tolok ukur keberhasilan Pemdes Cimanggis membangun kesadaran warga dalam upaya pembangunan wilayah, sehingga tingkat partisipasi dan swadaya masyarakat bisa berjalan. (Firdaus)

loading...