TASIKMALAYA TODAY – Warga Kota Tasikmalaya dihebohkan dengan adanya durian yang dijual dengan harga Rp 14 juta rupiah per butir. Durian viral ini bernama Durian J-Queen yang dijual di supermarket Asia Plaza Kota Tasikmalaya.

Keberadaan Durian J-Queen ini menjadi objek swafoto bagi para pengunjung supermarket. Tak sedikit pengunjung yang penasaran terhadap durian yang dibanderol seharga satu unit motor tersebut.

Penjual Durian J-Queen seorang warga Banyumas, Sudarmo (40) membanderol dengan harga fantastis karena Durian J-Queen menjadi harta karunnya. Durian J-Queen kerap menjuarai kontes-kontes dunia.

Berikut ini fakta menarik Durian J-Queen harga RP 14 juta rupiah per butir, dihimpun dari berbagai sumber.

  1. Hanya ada satu pohon

Durian J-Queen yang dibenderol dengan harga fantastis tersebut ternyata hanya ada satu pohon saat ini. Untuk bisa panen buah Durian J-Queen perlu waktu menunggu selama tiga tahun sekali.

“Mahalnya ini karena pohonnya cuma ada satu-satunya dan hanya panen 3 tahun sekali itu pun buahnya tidak banyak,” ujar penjual durian, Sudarmo.

Sudarmo menambahkan jika pohon Durian J-Queen ini tidak dapat dikembangbiakkan. Ia pernah mencoba beberapa kali namun percobaannya selalu gagal.

“Petani disana mencoba menanam tapi hingga sekarang tidak ada yang berbuah, bisa tumbuh tapi belum ada yang berbuah,” katanya.

  1. Kerap memenangkan kontes

Penjual Durian J-Queen, Sudarmo, mengungkapkan jika durian miliknya tersebut kerap menjuarai kontes-kontes durian. Terakhir kali, si buah berduri itu mengalahkan durian andalan Malaysia yakni Musang Mas saat kontes beberapa waktu lalu di Jawa Tengah.

“Kenapa harganya fantastis ya kami umpamakan burung lah, semakin sering menang kontes maka harganya semakin fantastis ,” kata Sudarmo, Sabtu (26/1/2019).

  1. Penemu orang Tasikmalaya

Store Manager Plaza Asia Kota Tasikmlaya, Hinhin mengatkan jika penemu dari Durian J-Queen ini merupakan anak muda asli Tasikmalaya.

“Durian jenis J-Queen ini sudah beberapa kali memenangi kontes durian di Jawa Tengah. Meskipun ditanamnya di Kendal, Jawa Tegah, tapi aslinya penemu jenis durian ini adalah anak muda asli orang Kota Tasikmalaya,” kata Hinhin.

  1. Jadi objek swafoto

Banyak pengunjung yang merasa penasaran dengan keberadaan Durian J-Queen seharga satu unit sepeda motor tersebut. Tak sedikit dari pengunjung menjadikan dua buah durian yang dipajang di kotak kaca itu sebagai obyek berswafoto maupun berfoto bersama. Warga yang sedang berbelanja di swalayan tersebut, penasaran dan selalu bergerombol memerhatikan durian dengan harga selangit tersebut.

“Jarang-jarang saya lihat ada durian harganya belasan juta gini, bagus buat foto juga buat di instagram lumayan,” kata seorang pengunjung, Dewi Yuliani (27) saat ditemui di lokasi.

  1. Sehari dipajang laku dua butir

Meski dibanderol dengan harga selangit, Durian J-Queen banyak menarik perhatian pecinta durian. Satu hari dipamerkan di Plaza Asia Kota Tasikmalaya, dua buah durian tersebut sudah laku terjual. Retail Manager Asia Plaza Tasikmalaya, Roni Aprilaiansyah mengatakan semenjak dipamerkan Jumat (25/1) kemarin dua dari empat durian yang dibawa dari Banyumas itu sudah laku dibawa pecinta durian asal Tasikmalaya.

“Durian dipamerkan dalam acara pesta durian yang kami gelar dari 25-31 Januari, duren-duren lokal yang berkualitas, dan kami datangkan duren yang harganya Rp 14 juta. Sengaja didatangkan, semenjak dipamerkan kemarin, dua di antaranya sudah terjual,” Kata Roni.

Durian J-Queen di Plaza Asia Kota Tasikmalaya hanya akan dijual dengan stok empat butir saja. Dua butir sisanya akan dipamerkan dengan kemasan khusus Cap Go Meh. Untuk urusan rasa, penjual Durian J-Queen Sudarmo menuturkan tak ada yang perlu diragukan. Menurutnya kenikmatan yang dicari oleh pecinta durian ada di Durian J-Queen. Sudarmo menceritakan Durian J-Queen memiliki rasa creamy, manis dan bertekstur lembut.

“Untuk rasanya durian ini creamy , manis, lembut, warna buah memang tidak mencolok, kuning biasa tapi dagingnya tebal, rasanya pun itu awet ketika dimakan di lidah dan kerongkongan itu lama ilangnya,” tutur dia

Store Manager Plaza Asia Kota Tasikmalaya, Hinhin mengatakan jenis Durian J-Queen berbeda bentuk dengan durian pada umumnya. Durian J-Queen memiliki bulatan yang terbilang sempurna. Terlihat, di luar durian ini memiliki enam jalur buah durian di dalamnya. Jika dibuka, bagian dalam buahnya tidak ada yang lonjong dan semuanya bulat.

“Durian jenis J-Queen ini 95 persen tidak ada bijinya. Semuanya daging tebal dengan rasa yang menggoda,” ujarnya.

Untuk ukuran, bobot durian ini paling berat mencapai 3 kilogram. Sementara yang saat ini dipamerkan di Tasikmalaya memiliki bobot 2,5 kilogram. (Net)

 

 

loading...