BOGOR TODAY- Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman yang juga sebagai Ketua Dewan Kesenian Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) mengakui bahwa wayang golek di Kota Bogor masih diapresiasi warganya. Hal itu dibuktikan dengan membludaknya penonton yang menyaksikan pagelaran wayang golek, baik di tingkat Kecamatan maupun di tingkat Kota.

Menurutnya hal tersebut memotivasi generasi muda sehingga memunculkan dalang-dalang cilik yang dibina beberapa sanggar di Kota Bogor.

“Syukur Alhamdulillah sanggar-sanggar sekarang tidak terpaku hanya untuk seni tari saja tetapi juga membina dalang-dalang cilik,” ujar Usmar seusai menghadiri pembukaan Festival Dalang Cilik tingkat Kota Bogor di Mall BTM, Minggu (27/08/2017).

Ia menyebutkan, pagelaran ini suatu harapan yang sangat bagus untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya. Sebab, melalui pewayangan dalang menyampaikan pesan-pesan moral, pendidikan dan pesan lainnya.

“Kami bangga di era globalisasi masih ada anak-anak atau generasi muda yang mau mendalami dunia pedalangan,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud Kota Bogor Shahlan Rasyidi menambahkan, di Kota Bogor sudah ada empat sanggar yang melakukan pembinaan bagi dalang cilik. Sanggar tersebut antara lain, Arga Jati 3 orang, sanggar Andika 1 orang, sanggar Edas 3 orang dan sanggar Gelar Gunara.

“Untuk sanggar Gelar Gunara mereka melakukan pembinaan dari semejak anak-anak sampai remaja. Bahkan anak didik mereka baik perempuan maupun laki-laki sudah belajar mengiringi pagelaran wayang golek semalam suntuk,” pungkasnya. (Yuska Apitya)

loading...