BOGOR TODAY- Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman yang juga sebagai Ketua Dewan Kesenian Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) resmi menutup penyelenggaraan festival evaluasi sanggar Getar Pakuan Kota Bogor, Minggu (16/04/2017). Usmar menilai evaluasi ini bukan hanya sekedar tontonan tapi harus juga menjadi tuntunan.

Usmar mengaku sangat bangga kepada anak-anak yang telah mengikuti pelatihan
keterampilan di sanggar Getar Pakuan, karena tidak banyak diantara anak-anak yang terpanggil ingin belajar kesenian dan kebudayaan pada usia dini.

“Dari sekian banyak evaluasi sanggar yang saya hadiri termasuk sanggar getar pakuan Kota Bogor yang
saat ini melakukan uji nyali, uji olah keterampilan gerak tubuh yang diajarkan guru-gurunya dengan memaknai gerakan demi gerakan, memaknai lirikan-lirikan mata dan juga memaknai tarikan-tarikan napas dalam suara itu betul-betul diresapi oleh anak-anak didik yang terbina dalam sanggar Getar Pakuan Kota Bogor,” kata Usmar.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan kepada orang tua yang anak-anaknya dibina di sanggar Getar Pakuan bahwa kesenian dan kebudayaan ini tidak hanya sekedar menjadi tontonan belaka, namun bisa menjadi potensi untuk tampil dalam acara-acara besar di hotel hingga ke daerah lain yang dapat menghasilkan finansial.

Menurut Usmar, yang lebih penting lagi makna dari gerak tubuh dan makna dari tarikan nafas penampilan dari sanggar adalah menghasilkan sebuah vokal yang bermakna, makna keduanya adalah menjadi tuntunan. “Selain tontonan juga harus menjadi tuntunan, baik bagi diri anak-anak kita, bagi kita selaku pembina dan juga bagi orang tua serta bagi masyarakat yang menyaksikan,” jelasnya.

Turut hadir pada acara penutupan tersebut, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Reni Handayani, Ketua Harian DK3B Arifin Himawan, Ketua sanggar seni Getar Pakuan Kota Bogor, Jejen Juansyah serta pencipta tarian Jaipong Gugum Gumbira.

Festival evaluasi sanggar Getar Pakuan Kota Bogor ke 44 tahun 2017 ini digelar selama tiga hari, dari tanggal 14 – 16 April 2017 di Mall Botani Square. Rangkaian kegiatan tersebut dimeriahkan beberapa penampilan diantaranya, tari jaipong, sunda klasik, tari Bali, tari Minang, modern dance, musik, karawitan, bina vokal, dan lomba mewarnai. (Yuska Apitya)

loading...