Untitled-17RIO DE JAINERO, TODAY-Usain Bolt masih mendominasi nomor lari jarak pendek. Dia baru saja meraih medali emas keduanya di Olimpiade 2016 setelah jadi yang tercepat di no­mor 200 meter.

Dalam final 200 meter yang di­langsungkan di Olympic Stadium, Jumat (19/8/2016) pagi WIB, Bolt mencatat waktu 19,78 detik untuk bisa finis di posisi terdepan. Ini menjadi medali emas kedua dia di Olimpiade 2016 setelah beberapa hari lalu dia mengukuhkan dirinya sebagai manusia tercepat di bumi dengan memenangi nomor 100 me­ter.

Meraih medali perak adalah Andre de Grasse (Kanada) dengan waktu 20,02 detik. Ini adalah kali kedua de Grasse dibuat takluk oleh Bolt, setelah pada nomor 100 me­ter dia hanya bisa finis di posisi tiga dan membawa pulang medali per­unggu.

Pelari asal Prancis, Christophe Lemaitre, mengamankan medali ter­akhir di nomor ini. Duduk di posisi tiga catatan waktu yang dia bukukan adalah 20,12 detik.

Kembali ke Bolt, ini merupak­an kali ketiga secara beruntun dia meraih medali emas nomor 200 meter di Olimpiade. Total dia sudah mengantongi delapan medali emas Olimpiade.

Bolt saat ini mengincar rekor ‘triple-triple’: meraih tiga medali untuk tiga nomor berbeda emas di tiga Olimpiade beruntun. Di Beijing 2008 dia meraih emas di nomor 100 meter, 200 meter dan 4 x 100 meter estafet. Empat tahun berselang dia meraih tiga medali emas dari nomor yang sama. Dan di tahun ini dia su­dah mengantongi emas nomor 100 dan 200 meter.

“Saya tidak ingin memberi bukti pada siapapun. Apa lagi yang harus saya buktikan pada dunia kalau saya adalah yang terbaik,” sahut Bolt pada wartawan.

“Saya mencoba menjadi salah satu yang terbaik. Berada di antara (Muhammad) Ali dan Pele. Saya ha­rap saya berada di sana setelah Olim­piade ini,” lanjut dia. (Imam/net)

loading...