BOGOR TODAY – Sejumlah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Administrasi Urindo Jakarta melakukan kunjungan ke beberapa UKM di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor seperti, pengrajin tas kulit, gendang dan beberapa usaha makanan dan minuman lainnya.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakuan praktek lapangan dan menemukenali secara langsung peluang dan kendala yang dihadapi para pelaku usaha sehingga dapat memberikan solusi bagaimana strategi guna pengembangan para UKM tersebut,” ujar Presiden BEM URINDO Fahzur.

Menurut Fahzur, mahasiswa sangat membutuhkan interaksi langsung dengan pelaku usaha, sehingga kondisi riil dapat dirasakan hingga mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa. Untuk itu, Urindo melakukan sosialisasi pemberdayan yang melibatkan sejumlah pelaku UKM dan para pemerintah kecamatan dan kelurahan setempat.

“Ada sekitar 50 warga, sekretaris lurah beserta perangkat lingkungan hadir dalam acara yang diadakan di Aula UKM Tegal Waru tersebut, membahas soal permodalan serta pengurusan sertifikasi halal bagi produk makanan dan minuman,” katanya.

Sementara itu, Koordinator kegiatan, Kwarnanto mengatakan, kegiatan seperti ini harus terus menerus dan masif dilakukan, karena pengembangan UKM hanya bisa dilakukan secara berkesinambungan.

“Dan yang terpenting harus sinergi antara semua stake holder terkait seperti pemerintah daerah sebagai regulator, perguruan tinggi sebagai pendamping termasuk industri besar sebagai penguat usaha kecil dan menengah,” imbuh Kwarnanto. (Lintang)

loading...