CIBINONG TODAY – Program Studi Manajemen Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan, Universitas Pertahanan melakukan kegiatan Unhan Mengajar. Unhan Mengajar, merupakan pengabdian masyarakat oleh Manajemen Pertahanan sebagai implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Unhan Mengajar dilaksanakan di SMA Plus PGRI Cibinong yang beralamat di Jl. Golf, Ciriung, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (25/7/2018).

Unhan Mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Pertahanan mengusung tema ”Bela Negara Generasi Milenial”. Tema tentang generasi milenial ini selaras dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang menyentuh langsung generasi muda. Anak-anak SMA pada usia remaja akhir/dewasa awal, tergolong pada generasi milenial yang perlu diberikan penyadaran bela negara.

Bela negara diangkat menjadi core dari kegiatan UNHAN Mengajar karena telah menjadi program nasional dari Kementrian Pertahanan guna mencetak 100 juta kader bela negara. Selain itu, terdapat suatu keadaan urgent bagi generasi milenial yang telah berada dalam arus modernisasi dan globalisasi sehingga penting untuk memiliki jiwa bela negara dan menjaga nasionalisme.

Kegiatan UNHAN Mengajar ini diikuti oleh 150 siswa SMA Plus PGRI Cibinong. Sebagai pembuka, seluruh hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sesprodi Manajemen Pertahanan  memberikan sambutan mewakili Dekan Fakulatas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan. Peserta juga, diperkenalkan ‘Salam Bela Negara’, untuk membangkitkan semangat bela negara.

Kegiatan Unhan Mengajar dilaksanakan pada pukul 09.00-12.00 WIB dengan agenda penyampaian materi tentang  bela negara yang disesuaikan dengan tema dan beberapa games yang mendukung tema. Selain memberikan materi bela negara, siswa diberikan games yang bertema bela negara, seperti menyusun peta buta dan belajar lagu mars Bela Negara. Bermain sambil belajar, merupakan konsep yang diusung oleh mahasiswa Prodi Manajemen Pertahanan untuk memberikan kesan yang benar, bahwa ‘Bela negara bukan sama dengan wajib militer’. Lebih dari itu, pemahaman akan peta Indonesia akan memberikan rasa memiliki.

Sejumlah 20 orang Mahasiswa Prodi Manajemen Pertahanan, Unhan ikut serta dalam kegiatan Unhan Mengajar. Dua dosen pendamping, Kolonel CBA Dr. Yusuf Ali,S.E., M.M., dan Marsma TNI (Purn) Dr. Suprapto, M.Sc, ikut serta memberikan wejangan kepada siswa SMA Plus PGRI Cibinong.

Diakhir kegiatan, Sesprodi Manajemen Pertahanan Kolonel CBA Dr. Yusuf Ali,S.E., memberikan cendera mata kepada kepala Sekolah SMA Plus PGRI Cibinong, yang diwakili oleh wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Nasukha, Z. M.Pd. Foto bersama dilakukan sebagai akhir dari kegiatan. (Putri/*)

loading...