ITALIA TODAY- Roberto Baggio menyebut perayaan ulang tahun ke-50 pada Sabtu (18/2) kemarin sebagai yang terbaik dalam hidupnya. Ia menghabiskan hari bersama korban-korban gempa bumi Amatrice, kota kecil di dekat Roma. Dikabarkan Football Italia, Baggio merahasiakan kedatangannya ke kota yang luluh-lantak terkena gempa bumi pada Agustus 2016 lalu tersebut. Ia baru membocorkan informasi itu pada media setelah tiba di tenda-tenda pengungsian pada pagi hari.

Ia berbincang dengan penduduk lokal serta bersantap bersama dengan korban gempa serta para relawan. “Ini ulang tahun terbaik dan tentu saja salah satu yang paling bermakna,” kata Baggio kepada TMW Radio.

“Saya sangat bahagia dan saya harap mereka juga. Tragedi ini bisa saja menimpa siapapun. Hanya menyaksikannya saja lewat layar kaca tak bisa benar-benar menggambarkan situasi ketika Anda datang dan melihatnya langsung.”

Dalam kunjungannya itu, Baggio sempat bertemu dengan waliko Amatrice, Sergio Pirozzi, dan berjanji akan berbuat yang konkret untuk membantu penduduk Amatrice. Baggio juga sempat mengunjungi kota kecil lain yang terkena gempa, Noricia, dan menggelar perayaan kecil dengan memotong kue ulang tahun. Pada Agustus lalu, gempa besar mengguncang area Amatrice dan sekitarnya, menewaskan 300 penduduk dan membuat empat ribu jiwa kehilangan tempat tinggal. Pada Oktober dan Januari lalu, gempa kecil susulan terjadi di daerah itu.

Baggio sendiri adalah salah satu legenda sepak bola Italia yang identik dengan nomor punggung 10 — sering diberikan pada pemain yang terkenal dengan kreativitasnya membongkar lini pertahanan lawan. Pria yang pernah membela Juventus dan Fiorentina itu pernah 57 kali membela Italia dan mencetak 27 gol. Ia membawa Gli Azzurri ke peringkat tiga PIala Dunia 1990 dan runner-up Piala Dunia 1994. Pada gelaran 1994, Baggio gagal menyarangkan penalti di partai final melawan Brasil. Baggio mencetak total 205 gol di Serie-A sepanjang kariernya.(Yuska Apitya/cnn)

loading...