kadiskominfo

CIBINONG TODAY – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, optimis mampu mewujudkan visi dengan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) 9 tahun bisa tercapai pada 2018 mendatang, jika metode penghitungan menggunakan batasan usia 15 tahun ke atas.

Dijelasnkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, TB Luthfie Syam dengan RLS 8,04 tahun itu bisa tercapai tahun depan dengan mangacu pertumbuhan rata-rata 0,3 tahun.

“Mulai periode 2008 hingga 2013, RLS tumbuh 0,3 tahun per tahun. Sekarang RLS 8,04 tahun, jika acuan kesana (0,3 tahun per tahun) pasti terkejar,” ujar Luthfie, Kamis (2/2/2017).

Lutfi mendesak agar Bappeda dan Litbang Kabupaten Bogor menyampaikan usulan Disdik pada Badan Pusat Statistik, agar menggunakan metode penghitungan usia 15 tahun ke atas. Dengan demikian, RLS 9 tahun pasti tercapai di 2018.

“Jika batas usia 25 tahun ke atas. Pasti sulit mengajak orang-orang tua untuk sekolah lagi. Dengan perhitungan batasan 25 tahun itu RLS kita cuma tinggal 7,77 tahun,” kata mantan Kasatpol PP Kabupaten Bogor itu.

Dia menambahkan, dengan perhitungan baru itu, 8,04 tahun sama saja jika sudah menuntaskan salah satu indikator penciri. “Cuma di masyarakat pandangannya lain-lain. Dengan target berubah disangkanya cuma akal-akalan karena takut 9 tahun tidak terkejar,” pungkasnya. (Iman R Hakim)

loading...