LEUWISADENG TODAY – Nahas betul nasib Ruly dan Asep, harus meregang nyawa akibat truk tronton bermuatan batu splite ngamuk, lantaran remnya blong dan berujung dengan tabrakan beruntun. Kejdaian tragi situ terjadi sekitar pukul 15 : 30 WIB di Jalan Raya Leuwisadeng tepatnya di Kampung Kalong Jalan Desa Kalong 1 Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor.

“Truk tronton dari arah Cigudeg menuju Bogor dengan kecepatan tinggi melewati Pom Bensin di Cibokor rem truk tronton blong. Akhirnya tabrakan beruntun terjadi antara mobil truk tronton menghantam 4 mobil, dua unit motor dan tiga rumah warga hancur dan dua orang meninggal dunia di tempat,” ujar Iwan (50) warga yang melihat kejadian, Sabtu (14/7/2018).

Informasi yang dihimpun, Ruly Rohmantika (24), seorang pengendara motor tewas terseret tronton sekitar 500 meter dalam kondisi mengenaskan. Korban masuk kedalam kolong mobil angkot usai terseret truk tronton yang bermuatan batu tambang dari arah Cigudeg.

“Truk tronton tersebut hilang kendali akibat rem nya blong. Tahu – tahu truk tronton itu saya melihatnya menabrak motor dan mobil angkot dan truk, ada 5 sepeda motor yang tertabrak, 2 orang tewas terseret hingga masuk kekolong mobil,” tutur Iwan.

“Ada beberapa mobil dan motor jadi korban akibat ditabrak tronton, banyak yang jatuh dan terpental. Sampai akhirnya melindas korban Ruly yang sedang mengendarai sepeda motor,” katanya.

Kanit Laka Lantas, Iptu Asep Saepudin membenarkan adanya kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan banyak korban dan dua korbanmeninggal di tempat. “Sebelum terjadinya kecelakaan Truk Tronton No.Pol B. 9415. KYV bergerak dari arah Cigudeg menuju arah Bogor, setibanya di TKP diduga kendaraan Truk Dump Truk tersebut mengalami gagal pada Fungsi Rem sehingga bergerak ke kanan jalan  dan berlawanan arah sehingga menabrak kendaraan Truck Diesel No. Pol F-8303-GQ, menabrak Kendaraan Toyota Rush No. Pol F-1330-LE ,” papar Asep.

Pengemudi Truk Tronton, sambung Asep, membanting Stir ke kiri jalan dan menabrak kembali kendaraan Truk Colt Diesel No. Pol F-8335-FP yang bergerak searah kemudian truk colt Diesel tersebut menabrak rumah yang berada di sebelah kiri jalan kemudian kendaraan Truk tronton membanting stir kembali ke kanan jalan (arah berlawanan) dan menabrak jenis kendaraan mobil Cary Angkutan Umum No.Pol F-1967-NX. “Lalu, angkot tersebut terdorong ke kanan jalan dan mengenai dua kendaraan sepeda motor yang sedang melintas terseret,” terangnya.

Pantauan dilapangan, dua mobil Toyota Rush dan angkot dalam kondisi penyok pada bagian depan sementara mobil angkot ringsek, karena tertabrak tronton dan 6 motor yang terjepit oleh truk tronton yang remnya blong tersebut hancur.

Korban meninggal akibat kecelakaan itu langsung dievakuasi dan dilarikan oleh warga dan petugas unit Laka dan Satlantas Polres Bogor ke RSUD Leuwiliang. Sementara itu Sopir truk tronton, sudah diamankan Polsek Leuwiliang untuk menjalani pemeriksaan.

Akibat tabrakan beruntun itu, kondisi lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Leuwisadeng  – Cigudeg  menuju Bogor sempat mengalami macet total sekira dua jam lebih. (Agus)

loading...