CIBINONG TODAY – Musim haji sebentar lagi, para calon jemaah haji asal Kabupaten Bogor pun mulai mengikuti serangkaian pembinaan termasuk tes kesehatan.

“Dinas kesehatan mempunyai treatment khusus untuk para jamaah haji. Tes kesehatan yang dilakukan sebanyak 4 kali disetiap bulan,” tutur Kepala Seksi (Kasi) Surveilan dan Imunisasi di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Adang Mulyana, Senin (24/7/2017).

Tidak hanya memeriksa kesehatan calon jemaah haji, pihak Dinkes pun harus mengetahui kondisi kebugaran, mengetahui persis resiko yang akan dialami. “Dilakukan persiapan sehingga bisa diketahui bahwa peserta jamaah haji mampu melakukan perjalanan haji,” ujarnya.

Tentunya, Arab Saudi memiliki cuaca yang berbeda dengan Indonesia. Pola makan, pola hidup juga berbeda. Biasanya penyakit yang kerap dialami para jemaah haji Indonesia seperti, flu, demam dan penyakit ringan lainnya.

“Banyak penyakit yang dikeluhkan setelah perjalanan haji seperti sistem sirkulasi darah, gula, dan penyakit lainnya, itu semua disebabkan dari pola makan yang tidak benar,” pungkasnya. (Fathya MG)

loading...