CIAMPEA TODAY – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memang selalu dekat dengan rakyat, tidak hanya dalam kegiatan seremonial saja, namun TNI kerap membantu masyarakat yang tengah dilanda musibah.

Salah satu contoh, puluhan personil TNI AD, Jajaran Koramil Ciampea, Kodim 0621 Kabupaten Bogor membantu warga Kampung Cikampak, RT 01/ 06, Desa Bojongrangkas, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor yang terkena banjir luapan air sungai Cigobang pada Jumat malam kemarin.

Dandim 0621 Kabupten Bogor, Letkol Infanteri Francisco mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan puluhan personil untuk membersihkan puing – puing material sampah yang terbawa arus banjir di Ponpes Nurul Taqwa Al Hasanah.

“Luapan air yang mengakibatkan banjir ke pemukiman warga dan Ponpes ini bersumber dari penyumbatan saluran air oleh sampah,” kata Francisco, Sabtu (22/7/2017).

Dandim menghimbau, agar masyarakat harus peduli dengan lingkungan, agar lingkungan tidak lagi menimbulkan bencana alam yang disebabkan oleh ulah manusia sendiri. “Sungai bukan tong sampah, kita semua berkewajiban untuk menjaga lingkungan disekitar kita,” pinta Dandim.

Dandim berkata, masyarakat Indonesia terkenal dengan budaya gotong royong, namun hal itu mulai jarang dilakukan masyarakat saat ini. Tingkat kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan sudah mulai terkikis.

“Saya berharap dengan adanya kejadian ini, kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran yang positif, hidupkan kembali budaya gotong royong untuk menjaga lingkungan, agar nantinya lingkungan yang kita singgahi tetap bersih dan aman dari adanya bencana alam,” pungkasnya.

Pantauan dilokasi puluhan personel TNI AD Koramil Ciampea melaksanakan evakuasi para santri ketempat yang lebih aman yang telah disediakan, dari hasil musyawarah degan tokoh dan warga setempat serta staf dan kepala Desa dan BPD. (Albi)

loading...