Keuntungan Dan Kerugian membeli Rumah Lewat Kredit KPR

JAKARTA TODAY- Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan salah satu produk yang sekarang ini banyak menjadi incaran. Siapa yang tidak tergiur dengan produk ini? Hanya dengan membayar DP sebesar 30% dari harga rumah, kita sudah dapat menempati rumah yang kita impikan.

Sayangnya, ada banyak orang yang mengalami kegagalan untuk memperoleh fasilitas KPR ini karena memiliki status sebagai karyawan kontrak. Harus diakui bila status pekerjaan begitu penting untuk memperoleh pinjaman kredit dari pihak bank.

Memiliki status karyawan kontrak bisa membuat bank ragu memberi pinjaman. Tentu saja bank akan cemas debitur akan mengalami kegagalan pembayaran atau kredit macet. Namun, jangan sampai Anda menyerah untuk memperoleh rumah impian, karena ada beberapa strategi untuk mendapatkan rumah yang bisa Anda coba.

Pendapatan di atas cicilan

Pastikan bila pendapatan bulanan yang Anda terima ini lebih besar dibandingkan dengan cicilan rumah yang akan Anda beli. Bank memiliki perhitungan rasio pendapatan Anda pada cicilan rumah.

Bila rasio pendapatan Anda jauh lebih besar dibandingkan dengan cicilan, bank bisa menpertimbangkan untuk menyetujui permohonan Anda ini. Jadi, meskpun Anda memiliki status sebagai karyawan kontrak, bila rasio pendapatan Anda lebih besar, bank tidak akan menolak.

Perbesar investasi dan tabungan

Agar disetujui bank untuk melakukan KPR, Anda harus lebih pandai meyakinkan analis jika Anda dapat membayar hingga KPR berakhir. Cara yang bisa Anda lakukan ialah meningkatkan jumlah tabungan serta investasi. Cara ini akan menambah keyakinan pihak bank bila Anda memiliki kemampuan finansial yang baik.

Perbesar dana tabungan Anda, setelah itu kurangi dana yang tidak perlu. Dibanding menggunakan uang untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif, lebih baik Anda menggunakan uang untuk investasi.

Cantumkan penghasilan lain

Apakah Anda mempunyai penghasilan tambahan? Bila demikian, masukkan penghasilan tambahan Anda di dalam catatan saat mengajukan permohonan KPR ini ke bank. Jangan lupa sertakan bukti semisal Anda mempunyai usaha yang lain. Dengan penghasilan yang bertambah, bank akan memudahkan Anda untuk mendapatkan rumah impian walaupun status karyawan Anda sekarang ini adalah karyawan kontrak. (Yuska/ktn)

loading...