Uni-Papua-Finland-(b)JAKARTA, TODAY-Sebanyak 20 pesepakbola muda akan berlaga di kompetisi interna­sional. Tergabung dalam Uni Papua Indonesia, mereka akan berlaga di Finlandia.

Tim Uni Papua Indonesia yang akan berlaga di Finlandia terdiri dari remaja 15 tahun hingga yang tertua berusia 24 tahun. Mereka terpilih untuk tampil di Kejuaraan Sepakbola untuk Persahabatan dan Per­damaian di Finlandia setelah melalui seleksi yang digelar dari Aceh hingga Papua.

Pada Jumat (12/8/2018) lalu, Uni Papua diterima oleh Menkopolhukam di Gedung Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

“Mereka adalah anak-anak yang terpilih, mereka ini merupakan duta bangsa, yang kita harapkan mengharumkan nama baik Indonesia. Kita ha­rapkan adik-adik kita ini dapat menoreh prestasi,” kata Wi­ranto. Wiranto mengaku su­dah memberi beberapa wejan­gan bagi kelompok yang akan berlaga pada 20 dan 22 Agus­tus mendatang itu.

“Tadi saya berpesan, pesan pertama harus bersyu­kur mereka diberi kesempatan menjadi duta bangsa untuk berlaga di luar negeri. Kedua harus betul-betul mencer­minkan kepribadian Indonesia yang mengajak dan memban­gun persahabatan,” urai Wi­ranto. Pernyataan itu diamini oleh pendiri dan ketua pem­bina Uni Papua Indonesia, Al­bert Inkiriwang.

“Kami adalah anggota dari FIFA. Kami juga anggota Street Football World. Dengan kita berpartisipasi di Finland, pintu gerbang untuk ke Eropa jadi jalan masuk kita,” kata Al­bert.

Albert menjelaskan, saat ini anggota Klub Uni Papua di seluruh Indonesia sebanyak 4000 orang. 20 orang yang berangkat ke Finlandia ini nantinya juga akan mengikuti upacara hari Kemerdekaan In­donesia di sana.

“Di Finland kami tiba tang­gal 15, tanggal 16 kita mengge­lar konferensi pers. Kita akan bermain tanggal 20 dan 22, tanggal 17 untuk nilai nasion­alisnya mereka akan ikut upa­cara di KBRI,” ungkap Albert.

Uni Papua, didirikan pada 2013, adalah organisasi sosial dan Lembaga Swadaya Ma­syarakat yang menfokuskan pada pengembangan olahraga sosial. Saat ini Uni Papua telah menjangkau 1.500 anak-anak di Papua, yang meliputi 14 lokasi berbeda di Papua dan Papua Barat, Kupan, dan Sen­tul (Bogor). Pada Juni lalu, Uni Papua Indonesia berpartisipa­si dalam turnamen Festival16 yang diselenggarakan Street Football World (SFW) di Lyon, Prancis. (Imam/net)

loading...