NANGGUNG TODAY – Siswa di tiga sekolah SD Negeri di Desa Curug Bitung Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor, mendapatkan vaksinasi Measles Rubella (MR). Program ini sebagai antisipasi terjangkitnya penyakit campak dan rubella pada anak usia sekolah.

Kepala UPF Puskesmas Curugbitung, Kecamatan Nanggung,  dr. Yulianto mengatakan, kegiatan ini menyasar di setiap sekolah, sehingga kami pun melakukan koordinasi kepada pihak UPT pendidikan dan para kepala sekolah yang ada di Desa Curug Bitung.

Ia mengatakan pada Agustus ini, vaksinasi MR difokuskan kepada sekolah SD dan SMP. Total keseluruhan siswa di tiga Sekolah Dasar  Negeri ada 183 siswa, yang sudah terimunasi 155 siswa, namun 28 siswa di antaranya tidak divaksinasi karena sakit. “Jadi hari ini kami lakukan vaksinasi kepada 155 siswa yang hadir di sekolah,” tutur Yulianto.

Jumlah sekolah yang masuk dalam kegiatan vaksinasi sebanyak 7.168 sasaran siswa 7 tahun sampai 15 tahun yang ada di Desa Curug Bitung. Dan 3328 sasaran 9 bulan sampai 6 tahun. “Nanti semua sekolah itu kami datangi untuk dilakukan vaksinasi kepada siswanya,”  ujarnya.

Yulianto menjelaskan, kegiatan imunisasi MR ini merupakan sinergitas dengan program nasional yang sedang berjalan. Pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan melakukan pencanangan Kampanye Tingkat Nasional dan Introduksi Imunisasi Campak (Measles) Rubella (MR).

Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam dua tahap yakni, pada Agustus sampai September 2017 mendatang. “Saya berharap kegiatan ini kedepannya dapat terbebas dari penyakit rubella. Terlebih penyakit tersebut dianggap ancaman serius karena menyebabkan komplikasi,” pungkasnya. (Albi)

loading...