CIBINONG TODAY – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus berupaya mengembangkan layanan kesehatan bagi masyarakat melalui 4 RSUD dan seluruh puskesmas di Kabupaten Bogor, dalam rangka mewujudkan salah satu misi Kabupaten Bogor yaitu meningkatkan aksesibilitas dan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pelayanan kesehatan. Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Tri Wahyuni di hadapan Tim Survei Akreditasi FKTP/Puskesmas di Renotel Hotel Olympic, Sentul,  Kamis (27/4/2017).

Tri Menjelaskan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, setiap puskesmas di wilayah Kabupaten Bogor terus meningkatkan sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan yang mereka punya sesuai dengan yang dipersyaratkan dalam akreditasi puskesmas, dan hal tersebut juga sejalan dengan salah satu target penciri termaju untuk Visi Kabupaten Bogor Termaju di Indonesia.

“Jumlah puskesmas di Kabupaten Bogor yang berjumlah 101, ini selalu kita upayakan untuk dikembangkan dengan fasilitas layanan kesehatan dasar, layanan kebidanan dan persalinan serta layanan gawat darurat, karena salah satu target penciri termaju yaitu seluruh RSUD dan puskesmas terakreditasi, meskipun pelaksanaannya secara bertahap,” terang Tri.

Ditambahkan Tri, dengan adanya akreditasi puskesmas ini, maka puskesmas akan memiliki keunggulan kompetitif, menjamin pelayanan yang berkualitas, memiliki kerjasama tim yang baik dan menjadi lebih tertib administrasi dan konsisten serta profesional dalam bekerja, sehingga secara keseluruhan menjadikan masyarakat memiliki kepercayaan yang kuat terhadap kualitas layanan puskesmas itu sendiri.

“Kami berharap para tim survey akreditasi puskesmas yang nantinya akan melakukan penilaian, dapat juga memberikan pembinaan yang nantinya akan membantu puskesmas yang dinilai menjadi lebih baik dari segi pelayanan kesehatan sehingga masyarakat percaya bahwa puskesmas tersebut memilik pelayanan yang profesional dan berbudaya prima. Terakhir, tentunya  kita berharap puskesmas yang dinilai nanti akan mendapatkan predikat lulus atau terakreditasi,” tambah Tri.

Untuk diketahui pada tahun 2016 di Kabupaten Bogor telah dilakukan survei akreditasi di 9 (sembilan)  puskesmas, dengan hasil 6 (enam) puskesmas terakreditasi madya dan 3 (tiga) puskesmas terakreditasi dasar. Untuk tahun 2017 ini, target puskesmas yang akan diakreditasi sebanyak 20 (dua puluh) puskesmas, dimana 3 (tiga) puskesmas yaitu puskesmas Ciampea,T dan Parung sudah dilakukan survei akreditasi di awal bulan april, dilanjutkan dengan 3 (tiga) puskesmas yang saat ini akan dilaksanakan survei akreditasi, yaitu puskesmas Klapanunggal, Cirimekar dan Cimandala. (Iman R Hakim)

loading...