JAKARTA TODAY – Pembangunan infrastruktur serta rangkaian persiapan dan uji coba mass rapid transit (MRT) di Jakarta terus dilakukan hingga saat ini. PT MRT Jakarta menargetkan segala persiapan menyangkut MRT rampung pada Februari 2019, untuk kemudian masyarakat umum bisa menggunakannya pada pertengahan Maret 2019. Bagi masyarakat yang selama ini antusias menanti kehadiran MRT, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jadwal perjalanannya agar bisa disesuaikan dengan kegiatan masing-masing.

Menurut Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Agung Wicaksono, selisih waktu keberangkatan antara kereta yang satu dengan kereta berikutnya dijadwalkan setiap lima menit sekali pada jam sibuk dan setiap 10 menit di luar jam sibuk.

Setiap harinya, kereta pertama akan berangkat mulai pukul 05.00 WIB. Selisih keberangkatannya setiap 10 menit hingga pukul 06.00 WIB.  Lalu, mulai jam sibuk pada pukul 06.00 WIB-09.00 WIB, kereta berangkat setiap lima menit. Selanjutnya kereta kembali berangkat setiap 10 menit sampai pukul 16.00 WIB. Kemudian, mulai pukul 16.00 WIB-19.00 WIB, jadwal keberangkatan kereta setiap lima menit. Setelah itu, kereta berangkat lagi setiap 10 menit sampai pukul 24.00 WIB.  Jadwal itu dibuat agar MRT bisa dimanfaatkan oleh lebih banyak penumpang di setiap hari.

“Kami punya jadwal yang cukup sering, yaitu setiap lima menit sekali, sehingga bisa mengakomodasi banyak penumpang,” ujar Agung Wicaksono saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Dia menambahkan, PT MRT Jakarta berjanji jadwal perjalanan akan tepat waktu karena MRT memiliki perlintasan sendiri dan tidak bersinggungan dengan perlintasan sebidang seperti yang dialami KRL Commuter Line.

“Kami bisa menjamin lima menit itu karena enggak ada gangguan dengan pintu perlintasan. Kalau sekarang beratnya karena ada perlintasan sebidang itu,” kata Agung. (net)

loading...