BANDUNG TODAY – Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dinyatakan sebagai pemenang Pilgub Jawa Barat 2018. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka penetapan paslon terpilih Pilgub Jabar di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa (24/7/2018).

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan KPU Jabar, pasangan Rindu diketahui meraih 7.226.254 suara atau 32,88 persen. Posisi kedua ditempati Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) dengan 6.317.465 suara atau 28,74 persen.

Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi berada di peringkat ketiga dengan 5.663.198 suara atau 25,77 persen. Posisi terakhir ditempati Hasanuddin-Anton Charliyan dengan 2.773.078 suara atau 12,62 persen.

Secara keseluruhan, jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya adalah 22.742.333 orang atau sekira 71 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT). Dari jumlah itu, sebanyak 21.979.995 suara dinyatakan sah dan 744.338 suara tidak sah.

Dalam rapat pleno itu, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul hadir langsung di lokasi. Keduanya kompak memakai baju berwarna putih. Perwakilan partai pengusung dan pendukungnya juga hadir.

Sementara itu, perwakilan paslon lain yang hadir hanya dari pasangan Asyik. Ahmad Syaikhu hadir langsung dengan didampingi Haru Suandari sebagai ketua tim sukses Asyik. Sisanya, tidak terlihat yang mewakili pasangan Hasanah dan Deddy-Dedi.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen Pol M Iriawan mengapresiasi pelaksanaan Pilgub Jawa Barat. Sebab, seluruh rangkaian pelaksanaannya berjalan aman, lancar, dan kondusif.

“Ini berkat kerja keras seluruh stakeholder yang ada, ada KPU, Bawaslu, dan perangkatnya yang luar biasa. Pengamanan juga luar biasa dari Polda Jabar dan Kodam III/Siliwangi. Jabar jadi cerminan untuk pesta demokrasi bagi provinsi lain, bahkan dunia,” kata Iriawan.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat mengatakan, tidak ada gugatan yang dilakukan paslon lain atas hasil pilgub ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sehingga, penetapan bisa dilakukan sesuai jadwal.

“Karena sistem pemilihan gubernur ini adalah suara mayoritas, maka KPU Jawa Barat menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut satu, H Ridwan Kamil dan H Uu Ruzhanul Ulum, sebagai pasangan calon terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018,” ujar Yayat yang diakhiri dengan ketukan palu.

Setelah ditetapkan, pihak KPU Jawa Barat kemudian membacakan surat keputusan penetapan pasangan calon terpilih. (net)

loading...