JAKARTA TODAY- Prestige Image Motorcars akhirnya secara resmi mengenalkan SUV bertenaga listrik buatan Amerika Serikat (AS), Tesla Model X. Bukan hanya berbekal listrik saja, melainkan juga sudah dilengkapi fitur Autopilot.

“Hari ini Tesla setir kanan model X keluar di Indonesia. Mobil yang paling penting bukan kecepatan bukan juga kenyamanan tapi yang penting keamanan,” tutur Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim di Showroom Prestige, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

SUV listrik ini ditawarkan mulai dari US$ 200.000 atau setara dengan Rp 2,64 miliar untuk tipe yang termurahnya.

“Termurahnya dari US$ 200.000 tergantung pilihan konsumen baterai, cat, pelek, pilihan itu ada penambahan biaya,” kata Rudi.

Mobil memiliki pintu yang unik yang disebut Falcon Wing. Pintu mobil bisa melipat dan terkembang seperti sayap burung dengan sempurna, menjadikannya mudah untuk keluar masuk di parkiran yang sempit.

Fitur Autopilot Tesla bukanlah sistem self-driving yang tak memerlukan pengemudi manusia. Kemampuan sistem Autopilot ini terbatas. Autopilot bekerja paling efektif dalam lalu lintas padat di jalan dengan marka jalan yang jelas. Dalam keadaan terbaik sekalipun pengemudi disarankan untuk tetap berada dibalik kemudi.

Sistem Autopilot pada Tesla ini tidak terhubung dengan sistem navigasi mobil. Jadi, mobil tidak bisa berjalan secara otomatis mengikuti rute di navigasi sementara sopirnya tidur atau baca buku. Artinya, peran sopir manusia sangat diperlukan. (Yuska/dtk)

loading...