JAKARTA TODAY- Mobil model SUV kini tak lagi berkapasitas 5 penumpang melainkan sudah mulai berkapasitas 7 penumpang. Sehingga tidak hanya bisa memuat barang tapi juga memuat banyak orang.

“Jadi orang mulai mengombinasikan SUV sama MPV, waktu yang MPV kan Venturer kita launching, Kijang itu berubah Venturer supaya kita ingin menjadi punya SUV,” tutur Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta.

“Itu akan ada perubahan tren, tapi mau tidak mau memang produsen itu akan membuat mobil SUV itu seven seater, jadi Rush, Terios, CR-V seven seater semua,” sambung Soerjo.

SUV memang memiliki perbedaan cukup signifikan dengan MPV seperti ground clearance lebih tinggi dan juga lebih bertenaga. Kemudian sebelum SUV 7 seater hadir, MPV telah terlebih dahulu berkapasitas 7 penumpang.

Ia menambahkan, untuk pasar sendiri tidak akan terdapat pergeseran dari yang semula pengguna MPV menjadi ke pengguna SUV.

“Apakah ada tren market itu akan shifting ke SUV? Jawaban saya waktu itu adalah tidak, karena market Toyota tetap MPV basenya karena for people transportation sama barang, kenyataannya benar, dari data Januari sampai Maret dari 36 persen, naik ke 44 persen komposisinya tapi hatchback sama yang SUV, dari 20-an persen turun ke 16 persen,” ungkap Soerjo.(Yuska/dtk)

loading...