CIAWI TODAY – SMK Amaliah 1 & 2 Ciawi Bogor selenggarakan In House Training (IHT) Dalam rangka  meningkatkan kompetensi dan kualitas tenaga kependidikan (6/6). Kegiatan yang berjalan selama dua hari ini mengusung tema “Creating Professional Learning Community in School” sebagai fokus pembahasan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik SMK Amaliah 1&2 untuk lebih memahami lebih tentang Kurikulum 2013 versi revisi 2017, dalam kegiatan ini pula terdapat target yang harus dicapai seluruh tenaga pendidik yaitu membuat perangkat administrasi pembelajaran yang lengkap, yang siap digunakan pada tahun Pelajaran 2018/2019.  Agenda kegiatan yang berfokus pada pembuatan perangkat pembelajaran seperti pembuatan silabus, kurikulum 2013 pada Jenjang SMK, workshop membuat RPP, Membuat RPP, dan Praktik Micro Teaching. Turut hadir Narasumber dalam IHT tahun ini adalah Dr. Alhamuddin, M. M.Pd dan Tuti Sugiarti, S.Pd.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh kepala SMK Amaliah 1 Ciawi Gugun Gunadi, M.Pd dan kepala SMK Amaliah 2 Ciawi Fenni Sartana, SS diharapkan dapat membawa semangat baru dan meningkatkan kompetensi guru, menciptakan guru yang professional sehingga bisa melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar yang menarik, sehingga membuat siswa lebih semangat lagi dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

”Tri pusat pendidikan yaitu Keluarga, Sekolah dan Lingkungan. Keluarga merupakan pendidikan pertama bagi anak-anak, maka tanggungjawab pendidikan yang paling besar itu adalah keluarga, yaitu orang tua. Maka dari itu bentengi pendidikan anak-anak itu di rumah. Yang kedua adalah Sekolah. Keberhasilan sebuah bangsa adalah berasal dari Sekolah, yaitu terpusat dari guru. Maka kehadiran guru di kelas itu merupakan hal yang sangat penting” ujar Gugun Gunadi dalam wawancara.

Dr. Alhamuddin, M.M.Pd. selaku narasumber sekaligus Dosen Universitas Islam Bandung, dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa “peserta didik di zaman milenial sekarang khususnya di era 4.0 sudah tidak tertarik pada sistem pembelajaran yang biasa-biasa saja, mereka lebih tertarik pada games, chatting. Internet yang menguasai kehidupan manusia namun apabila pemanfaatannya benar maka bisa berdampak positif, oleh karena itu manfaatkan kemajuan teknologi dalam menunjang pembelajaran sehingga muncul suasana pembelajaran yang menarik dan membuat nyaman peserta didik, hal ini merupakan tantangan bahwa sejauh mana sekolah mengadopsi kemajuan teknologi dalam mengahadapi perkembangan zaman”.

Ditemui pada saat acara berlangsung Fenni sartana, SS selaku Kepala SMK Amaliah 2 Ciawi menyampaiakan Harapannya atas penyelenggaraan IHT “Seluruh guru diharapkan dapat jauh lebih siap untuk mengajar dengan perangkat administrasi pembelajaran yang sudah lengkap dibuat sebelum Tahun Ajaran baru dan mendapatkan ilmu yang lebih lagi dalam kegiatan IHT ini. (Putri/*)

loading...