HilangDilaporkan hilang, MZ 14, pelajar Kelas IX SMP di Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, ditemukan di Cianjur.

Oleh : Yuska Apitya Aji
[email protected]d

Korban dikabarkan menghilang usai pu­lang sekolah sepekan lalu. Ia diduga diculik oleh pria yang dikenal melalui dunia maya facebook.

Siswi warga Gunung Putri Bogor ini ditemukan keluarg­anya di kediaman AN di Keca­matan Cempaka, Kabupaten Cianjur.

Oleh keluarga, MZ dibawa kembali ke Bogor. Sementara AN,diperiksa Polresn Cianjur sebelum diserahkan ke Polres Bogor.

Kapolsek Gunung Pu­tri, AKP Niih Hadiwijaya Sabtu (20/8) malam mem­benarkan korban sudah ditemukan.”Korban dilapor­kan hilang sepekan lalu. Kelu­arga ikut membantu mencari. Keluarga yakin jika MZ diculik g pemuda asal Cianjur yang dikenalnya melalui Facebook beberapa bulan lalu. Ramda­ni, paman korban yang men­emukan,” kata AKP Niih .

Keberadaan korban se­jak menghilang Senin (15/8), diketahui keluarga melalui pesan singkat SMS. Isi pesan tersebut mengatakan MZ bersama AN dan berada di rumah AN di Cianjur. MZ meminta tolong dijemput karena ingin pulang.

“Dari pesan singkat itu, ke­luarga menuju Cianjur. Dan benar, MZ ada di sana bersama AN. Keluarga membawa MZ ke Bogor. Sedangkan, pelaku AN yang membawa lari pela­jar ini, diperiksa di Mapolres Cianjur,”paparnya.

Jika terbukti, pelaku akan dikenakan pasal 323 KUHP terkait membawa lari anak di bawah umur serta Undang- Undang Perlindungan Anak No 23 Tahun 2002 dengan an­caman pidana penjara diatas lima tahun.

Ancaman pidana ini, karena pelaku dengan sen­gaja membawa kabur anak di bawah umur tanpa sepenge­tahuan orangtua hingga lebih dari 24 jam.

“Membawa kabur anak dibawa umur, dikategori­kan sebagai tindak kejahatan dan dapat dikenakan sanksi pidana,”ujarnya.

(Yuska Apitya)

 

loading...