Untitled-20Oleh : ALFIAN MUJANI
[email protected]

MANCHESTER United mengawali perjalanannya di Premier League 2016/2017 dengan kemenangan. The Red Devils mengalahkan tuan rumah Bournemouth dengan skor 3-1.

Sejak babak pertama, Man­chester United sudang me­mimpin pertandingan atas tuan rumah Bournemouth. Keunggulan ini diraih The Red Dev­ils sejak babak pertama melalui gol yang diciptakan oleh Juan Mata pada menit ke-40.

Pada awal babak kedua, Se­tan Merah kian merajalela, dengan menambah dua gol lagi, sehingga skor berubah menjadi 3-0. Namun Bournemouth menjebol gawang Manchester United lewat tembakan Adam Smith, skor berubah menjadi 3-1 untuk MU.

Kedua tim cenderung bermain hati-hati pada menit-menit awal. Permainan didominasi perebutan bola di lini tengah sehingga tak ban­yak aksi di kotak penalti.

Gawang MU sempat terancam pada menit keempat setelah Luke Shaw membuat kesalahan dalam mengontrol bola di kotak penalti. Bola kemudian direbut oleh Callum Wilson. Beruntung buat MU, tem­bakan Wilson masih melebar.

Bournemouth lebih mendomi­nasi permainan dalam 20 menit pertama. Sementara MU kesuli­tan mengembangkan permainan. Serangan-serangan tim tamu be­gitu mudah dipatahkan oleh Bour­nemouth.

Permainan MU mulai membaik sejak menit ke-24. Setelah tembakan keras Anthony Martial masih melen­ceng, MU kembali mendapatkan ke­sempatan pada menit ke-27. Dalam sebuah serangan yang tersusun rapi, Wayne Rooney menyambar umpan dari Mata dengan sebuah sepakan mendatar. Namun, tem­bakan Rooney bisa diamankan oleh kiper Bournemouth, Artur Boruc.

MU memecahkan kebuntuan pada menit ke-40 setelah Mata mencetak gol. Gol Mata ini bisa dibi­lang berbau keberuntungan.

Barisan belakang Bournemouth tampaknya akan dengan mudah mengantisipasi sebuah umpan pan­jang yang dilepaskan kubu MU. Si­mon Francis menguasai bola dan berupaya melakukan back pass ke­pada Boruc. Tapi, Francis menyepak bola terlalu pelan, sehingga bola jus­tru direbut Mata sebelum sampai ke Boruc.

Mata kemudian menembak, tapi usahanya bisa dihalau Boruc. Si ku­lit bundar lantas mengenai Francis dan memantul lagi ke arah Mata. Mata yang seperti mendapatkan durian runtuh pun tanpa pikir pan­jang menceploskan bola ke dalam gawang kosong. MU unggul 1-0. Kedudukan ini bertahan hingga tu­run minum.

Susunan Pemain

Bournemouth: Boruc; Francis, Smith, Steve Cook, Daniels; Surman, Arter, Lewis Cook; Ibe, Wilson, King

Manchester United: De Gea; Va­lencia, Bailly, Blind, Shaw; Fellaini, Herrera; Mata, Rooney, Martial; Ibrahimovic

 

loading...