CIBINONG TODAY – Upaya pemerintah dalam menjaga dan melestarikan budaya Sunda salah satunya menggelar ‘Festival Musik Kolaborasi Etnis Jawa Barat’  rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kabupaten Bogor tidak pernah absen dalam perhelatan festival seni budaya Sunda.

“Kami kembali mengirim satu tim sanggar seni untuk turut serta dalam festival musik kolaborasi etnis tingkat Jawa Barat.  Sanggar seni yang dikirim merupakan sanggar seni yang lolos seleksi,” ujar Seksi Kesenian di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Yennie Fahdiah, Selasa (25/7/2017).

Festival tahunan yang mulai dilakukan pada 2005 lalu ini,akan berlangsung di Garut dimulai 27 sampai 29 Juli 2017 mendatang. “Dan tentunya pihak Disbudpar akan mendapangi tim selama kegiatan festival itu berlangsung,” kata Yennie.

Dijelaskan Yennie, tidak semua sanggar bisa mengikuti festival tersebut, tentunya pihak Disbudpar melakukan seleksi terhadap sanggar – sanggar atau pelaku seni lainnya untuk bisa lolos dan mengikuti festival tahunan dan festifal lainnya.

“Kami mengambil dari sanggar – sanggar yang ada di setiap kecamatan yang sudah terbentuk maupun belum terbentuk, semuanya bisa mendaftar ke Disbudpar nanti kami yang akan menyeleskinya. Dan tidak ada biaya pendaftaran alias gratis,” tandasnya. (Napisah MG)

loading...