CIBINONG TODAY – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mulai membahas isu – isu strategis pengelolaan pendidikan di Kabupaten Bogor, melalui seminar pendidikan yang melibatkan semua pelaku pendidikan se Kabupaten Bogor.

“Diharapkan, dengan kegiatan seminar pendidikan ini dapat merumuskan langkah-langkah strategis dalam menjamin pengelolaan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Bogor,” kata Sekda Kabupaten (Sekdakab) Bogor, Adang Suptandar saat membuka kegiatan seminar pendidikan di Gedung Tegar Beriman, Selasa (25/4/2017).

Seminar ini berpotensial mempertemukan semua pihak yang berkompeten untuk mengkaji dan merumuskan langkah strategis dalam menjamin pengelolaan pendidikan yang berkualitas  dan berdaya ungkit tinggi bagi terciptanya sistem pendidikan yang kondusif dan teruji, sebagai salah satu modal dasar yang penting dalam mewujudkan visi Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten termaju di Indonesia.

“Seminar ini sangat penting, manakala dihubungkan dengan misi meningkatkan aksesibilitas dan kualitas penyelenggaraan pendidikan serta penciri termaju di bidang pendidikan, yaitu tuntasnya angka melek huruf bagi penduduk berusia 15-60 tahun dan tercapainya rata-rata lama sekolah 9 tahun. Dan ini diperlukan komunikasi, koordinasi dan konsolidasi antara berbagai pihak seperti Disdik, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Lembaga Mitra, Orang Tua Siswa, dan seluruh masyarakat Kabupaten Bogor,” terang Adang

Salah satu tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan visi, misi dan penciri termaju Kabupaten Bogor di bidang pendidikan adalah bagaimana meningkatkan kualitas pembelajaran dengan titik tumpu pada peningkatan kualitas tenaga pendidik. Selain itu diperlukan juga dukungan sarana dan prasarana, penganggaran pendidikan dan aspek-aspek strategis lainnya disamping yang terpenting adalah pendidik dan tenaga kependidikan.

“Artinya, setiap pendidik dan tenaga kependidikan dituntut untuk fokus pada peningkatan kapasitas dan kompetensinya, tidak hanya kebutuhan sertifikasi dan peningkatan angka kredit, akan tetapi untuk menjami terselenggaranya sistem dan strategi pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif. Maka secara keseluruhan pembangunan pendidikan di Kabupaten bogor akan menemukan SDM Pendidik yang terdidik, berpendidikan tinggi dan berkarakter mulia,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan TB Lutfi Syam, Direktur PSD Dikdasmen Kemendikbud RI Drs Wowon Widaryat dan dihadiri kurang lebih 1200 Tenaga Pendidik se-Kabupaten Bogor. (Iman R Hakim)

loading...