PAMIJAHAN TODAY  – Beberapa waktu lalu, Komisi IV DPRD Kabu­paten Bogor melakukan kunjungan kerja sekaligus peninjauan potensi wi­sata di kawasan wisata Gunung Salak Endah (GSE), Desa Gunungsari, Kecama­tan Pamijahan.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Wasto mengatakan, kunjungan anggota dewan ke GSE tentang pengelolaan, peng­embangan dan pembagian peran agar tujuan wisata di sini tercapai.

“Tentunya berkaitan dengan peningka­tan status ekonomi masyarakat dan ke­sejahteraan, khususnya di lingkungan sekitar Kecamatan Pamijahan,” ujar Wasto kepada Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan, karena ada permohonan dari tiga desa di sekitar lingkungan wi­sata, di antaranya Desa Gunungsari, Gunungpicung dan Gunungbunder agar pengelolaannya lebih baik, masyarakat dapat merasakan hasilnya.

Yakni pemeliharaan dan perawatan atau pemerintah desa bisa hadir secara opti­mal untuk pengembangan wisata se­hingga tujuannya tercapai. “Kami sudah mendengarkan dari Taman Nasional, PT Sayaga, tiga desa serta perwakilan pe­muda yang juga update tentang situasi di sini. Ternyata memang ada sedikit persoalan yang memang harus segera dituntaskan,” bebernya.

Komisi IV akan mengagendakan untuk mengundang stakeholder serta pihak-pihak terkait ba­gaimana nanti konsep pemerintah daerah yang didalamnya diwakili BUMD dalam pengelolaan dan pengembangan wisata di GSE.

“Semua berada di payung peraturan perundang-undangan. Sehingga jelas semuanya bahwa kita akan mengembang­kan pariwisata ini, siapa perannya, seba­gai apa, kemudian hasilnya untuk siapa saja,” pungkasnya. (Iman R Hakim)

loading...