Survei tersebut berhasil sedikitnya menjaring 13 nama bakal calon Gubernur Jawa Barat melalui hasil survey dengan margin of error 5% terhadap 5.000 sampel warga Jawa Barat yang tersebar secara kluster di 27 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat memunculkan nama Sekda Jabar Iwa Karniwa di 5 besar cagub dan 3 besar cawagub.

Direktur Program Pascasarjana PPS UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Agus Salim Mansyur, M.Pd. didampingi juru bicara Tim Peneliti, Dr. Andang Saehu, M.Pd. dan Ketua Bidang Kajian JPMD, Dadan Firdaus, M.Ag. memaparkan 13 nama tersebut yakni, Ridwan Kamil (24,28%), Deddy Mizwar (18,65%), Dede Yusup (15,68%), Dedi Mulyadi (10,70%), Iwa Karniwa (8,99%), Rieke Diah Pitaloka (8,58%), Nurul Arifin (5,58%), Desy Ratnasari (1,89%), Netty Prasetiyani (1,61%), Tb. Hasanudin (1,61%), Ineu Purwadewi (0,88%), Irfan Suryanegara (0,66%), Agung Suryamal (0,64%), dan 0, 25% beberapa nama lainnya.

Agus Salim Mansyur mengatakan munculnya nama Iwa Karniwa dalam survey tersebut sangat mengejutkan karena nama Sekda Jabar tersebut sejauh ini tidak begitu banyak disebut-sebut di media massa dalam percaturan Pilgub Jabar 2018.

“Yang fenomenal, Iwa Karniwa yang selama ini dikenal sebagai birokrat karier, muncul dengan persentase yang melejit berada pada rangking ke-5,” katanya dalam rilis hasil survey PPS UIN, Minggu (9/4/2017).

Iwa mengalahkan sejumlah nama yang selama ini sudah beredar di media massa karena termasuk politikus atau artis papan atas di Jawa Barat, seperti, Ineu Purwadewi (Ketua DPRD Jawa Barat), Tb. Hasanudin (Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat yang juga anggota DPR RI), Irfan Suryanegara (Mantan Ketua DPRD Jawa Barat dan Wakil Ketua DPRD Jawa Barat dari Partai Demokrat), dan Netty Prasetyani (Ketua PKK Jawa Barat dan istri Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat) serta Dessy Ratnasari (artis dan anggota DPR RI dari PAN).(Yuska Apitya)

loading...