BOGOR TODAY – Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda Bogor (UNIDA) melepas 233 mahasiswa dalam kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) 2018 (26/7). Kegiatan ini mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Desa berbasis nilai-nilai tauhid” dengan melibatkan 3 program studi, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Menejemen Pendidikan Islam, dan Pendidikan Bahasa Arab. KKN dilaksanakan di 18 Desa pada 12 Kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor.

Acara pelepasan KKN dilaksanakan di lapangan UNIDA dan dibuka langsung oleh Rektor, Dr. Ir. Dede kardaya, M.Si. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Hj. Rita Rahmawati, Dra., M.Si. Selaku wakil Rektor 3, Dr. Amir Mahrudin, M.Pd.I. selaku Dekan FKIP, Encep subandi (Kepala Desa Sukamahi Kecamatan Megamendung), Sinta Iskandar (perwakilan  Badan perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bogor), Dosen Pembimbing Lapangan, dan seluruh mahasiswa peserta KKN.

Pelaksanaan KKN diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta untuk menimba ilmu dan tidak hanya belajar tentang teori namun juga mampu memperaktekan ilmu di Lapangan.

“Di dalam pelaksanaanya mahasiswa FKIP mendapatkan berbagai ilmu teori maupun praktek  diharapkan seluruh mahasiswa dan mahasiswi mampu berkontribusi di dalam masyarakat  dan menjadi  motivator dalam menggerakan pembangunan, melaksanakan dan mewujudkan pengabdian dalam  pancadarma UNIDA serta  tri darma perguruan tinggi, profesionalitas, dan ketauhidan. Oleh karena itu pacadarma ini dapat terlaksana dalam progam KKN ini, semoga  seluruh mahasiswa selalu dalam keadaan sehat  serta diberikan kecerdasan intelektua,l emosional, spiritual dan daya tahan yang luar biasa dalam menghasapi tantangan” ujar Dr. Amir Mahrudin, M. Pd.I. dalam sambutannya sebagai Dekan FKIP.

Dr. Ir. Dede Kardaya, M, Si. Selaku Rektor UNIDA Bogor meresmikan pelepasan KKN FKIP 2018, dalam sambutannya, beliau menghimbau mahasiswa yang akan melaksanakan KKN untuk mampu berinteraksi dengan masyarakat luas dengan kreatif dan inovatif.

“Seperti dalam lagu mars UNIDA yang terdapat visi misi  semua Mahasiswa FKIP yang sekarang menginjak semester 6 ini sudah tercapai kompetensi melalui pembelajaran di kampus sehingga dapat ikut mencerdaskan manusia. Melalui KKN, mahasiswa dapat belajar sesungguhnya di dalam masyarakat bagaimana hidup bersama, berkomunikasi serta kerjasama,kreatif dan inovatif. Mahasiswa harus menjadi Fasilitator karena KKN ini merupakan bentuk dari kerjasama antar pihak pemerintah BAPPEDA dengan UNIDA” tukas Dr. Dede Kardaya, Ir., M, Si. Rektor UNIDA Bogor.

Sebagai tanda dilepasnya mahasiswa FKIP untuk KKN di 18 Desa serta 12 kecamatan, dilakukan pemukulan gong oleh rektor dengan didampingi oleh tamu undangan. Kegiatan ini ditutup dengan acara foto bersama. (*)

loading...