BOGOR TODAY- Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud merupakan kunjungan bersejarah. Sejak kunjungan terakhir pada tahun 1970, Raja Arab Saudi belum pernah lagi berkunjung ke Indonesia. Tak heran bila berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut seorang raja yang juga menjadi penjaga 2 masjid suci umat Islam tersebut. Salah satu bentuk penyambutan tuan rumah untuk tamunya adalah hidangan.

Apa yang disiapkan Istana untuk menjamu Raja Salman? “Makanan akan ada kombinasi makanan Indonesia dengan Timur Tengah,” kata Kepala Sekretariat Kepresidenan Dharmansjah Djumala, Senin (27/2/2017).

Kombinasi dari dua kebudayaan dalam sajian kuliner yang dimaksud adalah nasi kebuli. Tetapi Djumala tak merinci apakah nasi kebuli itu akan dibentuk menyerupai tumpeng atau tidak. Tetapi Istana juga menyiapkan hidangan yang sangat mencerminkan Indonesia. Terutama Indonesia sebagai negara maritim yang kaya akan sumber daya lautnya. “Seperti makanan laut, sea food, jadi akan ada ikan-ikanan yang disajikan. Ini mencerminkan Indonesia sebagai negara maritim,” ungkap Djumala.

Namun tentunya bukan hanya itu saja yang dihidangkan. Masih banyak pernak-pernik lainnya yang disajikan sebagai menu pembuka dan penutup. Belum lagi jenis minuman yang disajikan. “Kita hidangkan apa yang menjadi kesukaan tamu negara,” kata Djumala.(Yuska Apitya)

loading...