Bupati Bogor Rachmat Yasin

 

 

AMY : Kami Siapkan Bantahan

 

BANDUNG TODAY-  Tiga terpidana kasus korupsi yang mendekam di Lapas Sukamiskin, Bandung, diputuskan dipindah ke Lapas Gunung Sindur, Bogor. Ketiganya dilaporkan majalah Tempo pelesiran keluar Lapas.

        Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly mengatakan, terpidana yang sudah dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, yakni Anggoro Widjojo.

        “Anggoro sudah kami kirim ke Gunung Sindur jam 04.00 WIB pagi tadi,” ujar Yasona di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (6/2/2017) sore.

        Anggoro merupakan narapidana perkara korupsi komunikasi radio terpadu di Kementerian Kehutanan. Sementara, dua koruptor lainnya, yakni bekas Wali Kota Palembang Romi Herton dan bekas Bupati Bogor Rachmat Yasin, secara bertahap juga akan dikirim ke Gunung Sindur.

        Yasona mengatakan, kini pihaknya tengah mempersiapkan sel di Lapas Gunung Sindur untuk dua koruptor tersebut.

        “Nanti kami akan melihat ya, siapa yang kami kirim belakangan ke sana (Lapas Gunung Sindur),” ujar dia.

        Dalam laporan investigasinya, Majalah Tempo memergoki Romi Herton pergi ke rumah di Jalan Kuningan Raya Nomor 101, Kelurahan Antapani Tengah, sekitar 4,5 kilometer dari Sukamiskin pada 29 Desember 2016.

        Di sana, tinggal istri muda Romi bernama Lisa Zako. Sementara Anggoro juga dilaporkan berkunjung empat kali ke Apartemen Gateway, berjarak 3,5 kilometer dari Sukamiskin.

        Ia kembali ke selnya pada 29 Desember 2016, menaiki mobil pribadi yang dikemudikan seorang perempuan. Adapun, Rachmat Yasin juga tepergok ke rumah kontrakan di Kompleks Panorama Alam Parahyangan akhir Desember 2016 lalu.

Sementara itu, Adik Kandung Rachmat Yasin (RY), Ade Munawaroh Yasin (AMY), membantah kakaknya plesiran selama menjalani pembinaan di Lapas Sukamiskin. “Itu informasi tidak benar dan menyesatkan publik. Mobil yang diberitakan itu punya Pak Sudi, warga binaan lapas,” kata dia.

AMY menilai, pemberitaan yang dirilis di sejumlah media menyudutkan dan tidak melalui konfirmasi pihak keluarga dan RY. “Beliau tidak tahu menahu soal mobil Nissan X-Trail dan rumah kontrakan di Panorama,” tandas AMY, menegaskan. (Yuska Apitya)

loading...