BOGOR TODAY – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kedatangan tamu negara Presiden Federasi Serikat Mikronesia, Peter M Christian. Kehadiran Peter disambut dengan upacara kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor.

Peter tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pukul 10.10 WIB, Rabu (18/7/2018). Peter yang mengenakan setelan jas dan dasi warna biru langsung disambut oleh Jokowi di depan teras Istana Bogor.

Jokowi lalu mengajak Peter untuk foto bersama dan melakukan upacara kenegaraan. Lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Federasi Serikat Mikronesia dikumandangkan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali.

Usai lagu kebangsaan, Jokowi mengajak Peter untuk mengecek barisan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan barisan siswa-siswi SD yang mengenakan pakaian adat dari seluruh provinsi Indonesia. Para siswa-siswi SD tersebut memegang bendera Indonesia dan Mikronesia.

Selanjutnya, Jokowi dan Peter melakukan penanaman pohon di halaman belakang Istana Bogor. Pohon yang ditanam jenis kayu ulin atau biasa disebut kayu besi.

Jokowi kemudian mengajak Peter untuk bincang santai di beranda Istana Bogor atau biasa disebut ‘veranda talk’. Tidak diketahui apa saja yang dibahas dalam perbincangan tersebut.

Setelah itu, Jokowi dan Peter melakukan pertemuan billateral diikuti delegasi masing-masing negara dan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan pernyataan pers bersama.

Turut mendampingi Jokowi dalam menyambut Peter yakni, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (net)

loading...