JAKARTA TODAY- Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an kembali membuka kesempatan beasiswa untuk mahasiswa dan mahasiswi di 24 perguruan tinggi negeri (PTN) senusantara.

Melalui program Beasiswa Tahfizh Qur’an (BTQ) for Leaders, PPPA berupaya mencetak insan kader dakwah yang punya jiwa kepemimpinan, disiplin, amanah, hafizh Qur’an dan memiliki kepedulian sosial tinggi. Proses penerimaan berkas beasiswa sendiri akan dimulai pada 27 April sampai 30 Juni 2017. Sementara seleksi berkas digelar 30 Juni sampai 10 Juli 2017. Pengumuman seleksi berkas dilakukan pada 12 Juli 2017.

Mahasiswa atau mahasiswi yang lulus akan mengikuti tes tulis, wawancara dan talaqi pada 15-16 Juli 2017. Pengumuman seleksi final akan berlangsung 18 Agustus 2017. Seluruh proses pendaftaran bisa dilakukan secara online.

Program beasiswa pada 2017 ini merupakan tahun kedua dari program serupa yang dilakukan PPPA Daarul Qur’an. “Tahun ini pendaftaran full via online. Tidak melalui via pos lagi seperti tahun kemarin,” ujar koordinator Program BTQ for Leaders, Hastia, hari ini.

Persyaratan untuk mengikuti program ini antara lain lulus SMA/SMK/MA Sederajat dan diterima di PTN melalui jalur S1 Reguler, lalu mengisi formulir pendaftaran secara online di situs PPPA Daarul Qur’an.

Sementara syarat khususnya berupa surat keterangan tidak mampu secara ekonomi yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan, memiliki hafalan Alqur’an minimal 2 juz, dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga/guru tahfizh atau sekolah. Berkomitmen menghafal 30 juz selama kuliah.

Lalu bersedia mengikuti pengabdian selama 1 tahun di wilayah dakwah Daarul Qur’an setelah lulus kuliah dan tidak mendapat beasiswa dari lembaga lain (kecuali beasiswa prestasi yang didapat saat kuliah). Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di www.pppa.or.id. (Yuska Apitya)

loading...