JAKARTA TODAY- Pesawat R80 resmi masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Pembuatan pesawat R80 sampai saat ini masih menunggu payung hukum berupa Peraturan Presiden (Perpres).

Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI), Ilham Habibie mengungkapkan, bahwa dengan adanya Perpres, investor memiliki kepastian untuk menginvestasikan dananya dalam pembuatan pesawat R80.

“Biarpun sudah bicara banyak pihak, tapi akhirnya harus dapat itu (Perpres) dulu. Buat kami itu penting karena dengan itu investor pihak ketiga baik dalam dan luar negeri menjadi yakin proyek itu didukung oleh pemerintah dan dinyatakan sebagai PSN,” kata Ilham di TPS 05 Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

Ilham mengungkapkan bahwa kebutuhan biaya untuk pembuatan pesawat R80 adalah US$ 1 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pengembangan pesawat R80 sampai uji terbang.

“Kalau menurut saya ini total US$ 1 miliar,” ujar Ilham.

Ilham mengaku saat ini sudah ada berrapa investor dalam negeri yang tertarik untuk menggarap pesawat R80. Sedangkan, untuk investor dari luar negeri membutuhkan payung hukum dari pemerintah.

“Ada empat dalam negeri semua, tapi khusus luar negeri mereka perlu adanya pengakuan dari pemerintah. Dia lihat itu sebagai kaya bukti ini adalah satu proyek yang serius,” ujar Ilham. (Yuska/dtk)

loading...