JAKARTA TODAY- Rumah tahanan (rutan) KPK belum sepenuhnya dioperasikan. Sampai saat ini, belum ada tahanan KPK yang menempatinya. Lalu seperti apa fasilitas ruang tahanannya? Rombongan media berkesempatan menyambangi rutan KPK. Total kapasitas rutan yaitu 32 orang dengan rincian 26 tahanan pria dan 6 tahanan wanita.

Ruangan tahanan itu ada yang berukuran 2,5 meter x 2,5 meter, ada pula yang berukuran 2,5 meter x 5 meter. Setiap ruangan terdapat tempat tidur setinggi 0,5 meter. Tempat tidurnya pun istimewa yaitu berupa cor-coran semen dengan rongga di bawahnya. Di ruang tahanan itu pula, ada 1 WC duduk dan 1 keran. Rongga di bawah tempat tidur itu digunakan sebagai lemari bagi para tahanan untuk menyimpan barang-barangnya. Tak ada ventilasi apa pun kecuali teralis yang terpasang di pintu ruangan. Satu ruangan itu bisa ditempati 3 atau 5 tahanan.

Suasana rutan yang bercat abu-abu itu memang agak pengap karena exhaust belum dioperasikan Rutan KPK dibagi menjadi 2 ruang yaitu tahanan pria dan tahanan wanita. Untuk tahanan pria ada 9 ruang tahanan dan 2 ruang isolasi, sedangkan untuk tahanan wanita ada 4 ruang tahanan dan 2 ruang isolasi. “Belum diputuskan (kapan tahanan dipindah) karena ada yang harus didiskusikan lagi,” ucap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di lokasi.

Di dalam rutan pun terdapat 1 ruangan luas tempat para tahanan berkumpul. Selain itu, ada pula tempat terbuka dengan tembok setinggi kurang lebih 15 meter bagi tahanan untuk menjemur pakaian atau berkegiatan lainnya.(Yuska Apitya)

loading...