BOGOR TODAY – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bogor menerima dua penghargaan sekaligus dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kementerian Keuangan RI wilayah Bogor.

Dua penghargaan tersebut diterima Pemkot Bogor karena dinilai memiliki sistem pengelolaan dana transfer tentang Dana Alokasi Khusus (DAK) terbaik dibandingkan Kabupaten Bogor dan Kota Depok.

Penghargaan pertama diberikan kepada BPKAD Daerah Kota Bogor sebagai ucapan terima kasih atas dukungannya terhadap OPD/Dinas penerima DAK Fisik di wilayah Kota Bogor dalam penyaluran DAK Fisik tahun 2018. Sedangkan penghargaan kedua, diberikan KPPN dengan kategori sebagai pengelolaan DAK di bidang kesehatan sebagai bidang DAK Fisik terbaik tahun anggaran 2018.

Sekretaris BPKAD Kota Bogor, Lia Kania Dewi mengatakan, dalam kesempatan rakor pengelolaan keuangan terkait DAK telah diberikan penghargaan terhadap Kabupaten dan Kota yang pengelolaan DAK-nya paling baik.

“Atas hasil evaluasi pelaksanaan DAK tahun 2018, Alhamdulillah Kota Bogor dinyatakan sebagai Pengelola DAK Fisik Reguler Bidang Kesehatan terbaik,” ungkap Lia saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/01/2019) petang.

Lia menjelaskan, dalam pengelolaan DAK Bidang kesehatan sendiri dilaksanakan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor.

“Tentunya melalui peran perencanaan Bappeda, pengendalian dari Adalbang, pengelolaan Keuangannya dari BPKAD dan pengawasan dari Inspektorat,” kata Lia.

Setelah mendapat penghargaan ini, sambung Lia, ia berharap kepada rekan-rekan OPD/Dinas di lingkup Pemkot Bogor bisa optimal dalam menjalankan sistem pengelolaan DAK tersebut.

“Harapan ke depan tentunya pengelolaan DAK di Kota Bogor harus selalu lebih optimal, tepat waktu pencapaian output, dan optimal dalam rangka pelayanan publik. Serta ke depan alokasi DAK untuk Kota Bogor mudah-mudahan semakin besar,” kata Lia. (Rifky)

 

 

loading...