BANDUNG TODAY – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus melakukan berbagai upaya peningkatan pendapatan daerah khususnya pajak kendaraan bermotor, untuk mendapatkan Penilaian Anugerah Pajak Kendaraan Bermotor 2017.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Adang Suptandar menyampaikan paparan inovasi dalam upaya tersebut dihadapan dewan juri independen yang berasal dari berberapa perguruan tinggi di Jawa Barat dan berlangsung di Reans Luxury Hotel Bandung.

Adang menjelaskan target pajak kendaraan bermotor pada tahun 2017 sudah mencapai Rp. 141.807.300.000, atau sudah mengalami peningkatan target sebesar 51.20 persen dalam kurun waktu 4 tahun dari tahun 2013 sebesar Rp. 93.949.447.000. Sementara itu pencapaian realisasi terhadap  target pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Bogor melebihi 100 persen.

“Ini membuktikan komitmen Pemkab Bogor dalam upaya mendorong peningkatan pendapatan pajak kendaraan bermotor bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” papar Adang, Rabu (26/7/2017).

Selain itu, keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam target yang ditetapkan untuk penerimaan hasil pajak kendaraan bermotor tidak terlepas dari langkah-langkah strategis yang di buat oleh Pemerintah Kabupaten Bogor yang telah dan akan kita  dilaksanakan.

“Tentunya upaya startegis kita lakukan dalam mengejar target yang sudah terlampaui, seperti sosialisasi pemabayaran pajak di kecamatan, pembuatan rancangan aplikasi berbasis data dan identifikasi kendaraan bermotor, lalu ke depan akan kita buat ruang untuk outlet samsat di tiap kecamatan khususnya di wilayah perbatasan, dan beberapa inovasi lainnya yang terus kita kembangkan dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak dari kendaraan bermotor,” ujar Sekdakab Bogor.

Dukungann Pemkab Bogor dalam peningkatan pajak kendaraan bermotor juga dapat berdampak positif  dalam membiayai pembangunan di Kabupaten Bogor sehingga terwujud visi misi Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor, Dede Bachtiar mengatakan bahwa, melalui paparan yang dilakukan Sekda tadi menjadikan spirit bagi seluruh jajaran Bappenda Kabupaten Bogor untuk mengejar para wajib pajak kendaraan bermotor.

“Tidak hanya untuk mendapatkan penghargaan semata saja, ini dapat kita jadikan spirit bahwa mari bersama sama kita menjadi warga yang taat dan sadar pajak, dan paparan tadi mudah mudahan dapat memperkuat penilaian juri atas apa yang Pemerintah Kabupaten Bogor dalam rangka meningkatkn penerimaan pajak kendaraan bermotor,” ucap Dedi.

Dalam penghargaan Intensifikasi Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor, Kabupaten Bogor mendapatkan 5 nominasi mulai dari tingka Kabupaten maupun Kota, Kecamatan Babakanmadang dan Kecamatan cileungsi, kader taat pajak dan cabang pelayanan. (Firdaus /*)

loading...