BOGOR TODAY- Menteri PAN-RB Asman Abnur menjelaskan soal rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum pada 2017. Menurut Asman, Pemerintah tidak membuka lowongan CPNS jalur umum di tahun ini. Pemerintah, katanya, belum mencabut moratorium rekrutmen CPNS jalur umum. “Belum ada rencana merekrut CPNS jalur umum. Saat ini masih moratorium,” kata Asman Abnur di kantornya, Jakarta, kemarin.

Asman berdalih, Pemerintah tidak menyiapkan rekrutmen CPNS dari jalur umum di tahun ini. Selain itu, Pemerintah juga masih harus menyelesaikan pengangkatan CPNS dari jalur khusus, seperti bidan PTT, dokter PTT, penyuluh pertanian, dan guru garis depan (GGD).

Rekrutmen CPNS tahun ini, katanya, hanya untuk formasi khusus dan anggarannya telah tersedia. Seperti, formasi untuk bidan PTT dan dokter PTT yang anggarannya sudah tertata di Kementerian Kesehatan dari pusat hingga daerah. Begitu pula formasi untuk GGD di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan penyuluh pertanian di Kementerian Pertanian.

“Kalau yang jalur umum, anggarannya tidak disiapkan. Yang kami lakukan melakukan redistribusi pegawai dari instansi berlebih ke instasi yang kurang,” tuturnya.

Selain dari formasi khusus, paparnya, rekrutmen CPNS tahun ini dimulai dari sekolah ikatan dinas. Siswa yang lulus tes bisa masuk di sekolah ikatan dinas, dan begitu lulus tidak perlu mengikuti tes CPNS lagi. (Yuska Apitya)

loading...