JAKARTA TODAY- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bakal mengumpulkan distributor produk pangan untuk menjamin ketersediaan produk pangan menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1438 Hijriah.

“(Persoalannya) hanya distribusi di beberapa tempat dan hari ini saya akan kumpulkan semua [distributor] untuk pendistribusiannya,” tutur Enggartiasto usai menghadiri rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Selasa (25/4).

Enggartiasto mengungkapkan, secara umum pasokan produk pangan utama seperti beras, daging, dan minyak goreng saat ini aman di pasaran.

Hal itu tak lepas dari upaya Kementerian Perdagangan untuk mengendalikan harga. Salah satunya dengan cara mematok harga eceran tertinggi untuk komoditas daging beku, gula pasir, dan minyak goreng.

Namun demikian, persoalan distribusi tetap menjadi perhatian agar produk pangan yang dijual dengan harga murah bisa sampai ke tangan konsumen.

Lebih lanjut, pemerintah terus melakukan koordinasi guna menjaga kestabilan harga pangan seiring kenaikan permintaan pada periode Ramadan dan lebaran. Koordinasi juga dilakukan untuk menjaga infasi hingga akhir tahun 2017 tetap terkendali dan sesuai target pemeritah, 4 persen. Karenanya, hari ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengumpulkan Enggartiasto dan beberapa menteri terkait untuk menggelar rapat koordinasi. Agenda rapat yang berlangsung sekitar tiga jam itu membahas upaya pengendalikan inflasi jelang Ramadan dan lebaran, baik yang berasal dari harga yang diatur pemerintah (administered price) maupun harga pangan bergejolak (volatile food). “Untuk administered price dan volatile (food), bahan pokok, dicek juga mengenai perkembangan harganya, dan ketersediaannya,” ujarnya. (Yuska/cnn)

loading...