BOGOR TODAY- Setelah menetapkan dan mengumumkan pemenang Sayembara Tugu dan Gapura We Love Bogor, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor selanjutnya akan menentukan letak pembangunan tugu yang akan dibangun, sebab dua dari lima tugu yang akan dibangun ini menunggu pembangunan Tugu Narkoba di pintu Bogor Outer Ring Road (Borr) jalan KS Tubun dan Taman Bemo di jalan Ir. H. Djuanda, (depan Mall BTM) dengan menggandeng pihak ketiga atau Corporate Social Responsibility (CSR).

”Jadi setelah proses sayembara kami akan melaksanakan pertemuan lagi dengan pihak terkait untuk menentukan titik pembangunan tugunya, karena dua dari lima tugu belum menemukan titik yang tepat seperti di jalan KS Tubun dan di depan Bogor Trade Mall (BTM),” kata Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Kota Bogor Tri Irijanto saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/04/2017).

Jika nantinya sudah ditemukan lokasi yang tepat kata dia, pihaknya akan melaporkannya kepada Wali Kota dan mencari pihak ketiga atau (CSR) untuk ditawarkan. Tri menyebut, dari lima tugu dan dua gapura sudah ada beberapa investor yang siap untuk membangun, diantaranya Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Bogor untuk Tugu Cinta Pahlawan di jalan Kapten Muslihat, Taman Topi. “Pihak BTM juga sudah siap, tinggal yang lainnya kami akan tawarkan kepada pihak-pihak yang berada dikawasan sekitar Tugu yang akan dibangun,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk desain yang ada sebelum diserahkan kepada investor, pihaknya akan terlebih dahulu membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Detail Engineering Design (DED) dengan bantuan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor. Selain itu lanjut Tri dari desain hasil sayembara pada saat pembangunannya kemungkinan besar akan ada perubahan berupa pengurangan atau penambahan desain. “Dari desain hasil sayembara itu dan keinginan Pemerintah Kota Bogor kadang ada yang berbeda, ada juga penggabungan dari beberapa desain,” jelas Tri.

Selain tugu, lanjut Tri gapura atau gerbang perbatasan untuk awal akan dibangun dua gapura yang terletak di jalan Salabenda dan jalan Kedung Halang (Simpang Pomad) Bogor Utara, kota Bogor. “Pemilihan lokasi titik pembangunan gapura yang berada dijalur ramai kendaraan ini dirasa penting sebagai pembatas antara kota Bogor dengan kabupaten Bogor,” urainya. (Yuska Apitya)

loading...