LEUWISADENG TODAY – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor menyelenggarakan penilaian akhir semester (PAS), setidaknya 1. 131 siswa sejak 30 november sampai 08 desember akan mengasah kemampuannya dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Kepala MAN 2 Bogor Nani Ruhyani mengatakan, PAS merupakan alat ukur dalam proses KBM di satuaj pendidikan. “Karena Keberhasilan guru dan siswa melaksanakan pembelajaran akan berdampak positif bagi sekolah,” Kata Nani.

Tak hanya itu, proses penialian atau ujian ini bagi satuan pendidikan memiliki arti penting setidaknya,  untuk mengetahui kondisi belajar yang diciptakan oleh sekolah sesuai dengan harapan atau belum. “Hasil belajar merupakan cermin kualitas suatu madrasah,” ujarnya.

Dan juga, tambah dia, ujian ini Untuk mengetahui tepat tidaknya kurikulum yang dipakai dan untuk dapat mengetahui kemajuan perkembangan penilaian dari tahun ke tahun sehingga menjadi pedoman bagi madrasah untuk tindakan selanjutnya.

Sementara itu, Waka Kurikulum MAN 2 Bogor Tulus Pamuji mengatakan, Penilaian mempunyai makna ditinjau dari berbagai segi diantaranya bagi siswa, bagi guru dan bagi madrasah. Melalui penilaian, kata dia, siswa dapat mengetahui sejauhmana telah berhasil mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru. Apakah siswa merasa puas atau tidak puas atas hasil yang diperolehnya.

“Guru dapat mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah tepat bagi siswa atau belum, apabila materi tepat maka diwaktu akan datang tidak perlu diadakan perubahan,” kata Tulus. (Agus)

loading...