JAKARTA TODAY- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur menyatakan dirinya hanya akan fokus bekerja seperti yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo. Sikap ini diambil menyikapi permintaan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menarik kader PAN yang kini di lingkaran Kabinet Kerja.

“Saya sekarang tugasnya kerja. Ya konsentrasinya kerja saja,” ujar Asman di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (24/7).

Asman mengaku tidak pernah diajak Amien Rais untuk membahas tentang permintaan dia menarik kader PAN dari kursi kabinet. Dia pun tak mau ikut campur jika memang permintaa itu telah disampaikan Amien kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. “Itu urusan politik. Saya tidak ikut. Tugas saya sekarang profesional,” tutur Politikus PAN ini.

Asman merupakan satu-satunya menteri yang berasal dari PAN. Mantan anggota parlemen ini pun masuk Kabinet Kerja beberapa bulan setelah Zulkifli Hasan mendeklarasikan dukungan partai berlambang matahari terbit ini kepada pemerintahan Jokowi. PAN sebelumnya tergabung dalam Koalisi Merah Putih yang mendukung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dalam Pilpres 2014. Selain Asman, ada juga Politikus senior PAN Sutrisno Bachir di lingkar pemerintahan. Ia dipercayakan Jokowi memimpin Komite Ekonomi dan Industri Nasional. Amien Rais mendesak PAN segera mencabut kadernya dari pemerintah dikarenakan ketidaksepakatan mengenai ambang batas pencalonan presiden dalam Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu. PAN menjadi satu-satunya partai pendukung pemerintah yang bergabung dengan partai oposisi walk out saat sidang paripurna pengambilan keputusan dan pengesahan RUU Pemilu. Beberapa partai pendukung seperti PDIP dan NasDem menyarankan PAN keluar dari koalisi. Namun, sejumlah politikus PAN pasrah dan menyerahkan nasib koalisi kepada Jokowi. (Yuska Apitya)

loading...