BRI-SATJAKARTA TODAY – Satelit perbankan milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) yakni BRIsat telah resmi di­operasikan secara penuh oleh BRI. Saat ini, BRIsat me­masuki tahap integrasi fase I.

Hexana Tri Sasongko, SEVP IT Strategy & Satelite BRI, mengatakan proses pe­nyerahan atau handover dari SSL selaku operator sebel­umnya sudah tuntas tanggal 3 Agustus lalu.

“Semua commanding dan responsibilty pengopera­sian BRIsat sudah dilakukan BRI. Kami sedang siapkan untuk integrasi fase I. Semua kondisi nominal,” katanya kepada Bisnis.com di Jakarta, Minggu (14/8/2016).

Meskipun sudah dioper­asikan sepenuhnya oleh BRI, pihak SSL masih standby di Palo Alto, Amerika Serikat untuk proses pendampingan pengoperasian selama 6 bu­lan.

Sementara terkait pem­bagian fase integrasi, Hexa menjelaskan hal tersebut perlu dilakukan mengingat luasnya jaringan perbankan yang dimiliki BRI. Oleh ka­rena itu tidak mungkin untuk mengintegrasikan seluruhn­ya secara serentak.

BRIsat saat ini berada sekitar 36.000 kilometer tepat diatas garis khatulis­tiwa (equator) dengan slot or­bit 150.5 Bujur Timur. Untuk pengoperasian, BRI sudah membangun stasiun kontrol di Ragunan, Jakarta Selatan dan Tabanan, Bali. (Nanda/Net)

loading...