BOGOR TODAY – Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia serta Disperindag Kota Bogor Bersama dengan Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor, menggelar operasi pasar khusus komoditi bawang putih di Pasar Baru Bogor pada Rabu 6 Juni 2017 kemarin.

Salah satu pasar yang menjadi target operasi yakni, Pasar Baru Bogor. Karena, harga bawang putih di pasar ini mencapai Rp 40 ribu per kilogram, namun saat dilakukan operasi pasar, bawang putih dijual dengan harga Rp 25 ribu.

Persediaan yang dibawa sebanyak 8 ton dan operasi pasar dimulai pagi hari ini pada pukul 07.30 wib. Jumlah maksimal pembelian untuk pedagang bisa sampai 5 karung dan pembeli umum bisa membeli maksimal sampai dengan 5 kilo.

Kepala Pasar Baru Bogor PDPPJ, Iwan Arif Budiman mengatakan bahwa di Pasar Baru Bogor ini yang prosentase tingkat kenaikannya tinggi adalah bawang putih dibanding komoditas lain seperti ayam telur dan gula sehingga sangat tepat operasi pasar yang dilakukan tujuannya adalah untuk stabilitas harga.

“Kegiatan ini meski dilaksanakan di pasar baru bogor tetapi bisa buat dibeli oleh pedagang lainnya, harapan saya dengan adanya operasi pasar di pasar baru bogor ini bawang putih bisa dijual dengan harga 38 ribu perkilonya,” singkat Iwan. (Iman R Hakim)

loading...