CIBINONG TODAY – Kendati tidak seramai lebaran Idul Fitri, namun penjual pakaian khusunya perlengkapan solat dan perlengkapan haji cukup ramai disaat musim idul qurban. Seperti di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, penjual pakaian dan perlengkapan solat mulai ramai dikunjungi pembeli.

“Di bulan haji ini, biasanya penjualan meningkat khsusunya pakaian perlengkapan solat dan perlengkapan haji,” ujar Budi pedagang perlengkapan haji di Pasar Cibinong, Jumat (8/11/2017).

Perlengkapan haji yang dijualnya berupa, pakaian singlet untuk wanita, kaus oblong untuk laki – laki dan kaus kaki khusus untuk para calon jemaah haji.

Tidak hanya perlengkapan khusus berhaji, Budi pun menjual oleh – oleh khas makkah. Barang yang dijual cukup kumplit mulai dari, barang – barang haji hingga oleh – oleh untuk yang berpulang haji.

“Biasanya, oleh – oleh dari Makah tidak boleh melebihi kapasitas yang telah di tentukan, biasanya, jemaah haji membeli oleh – olehnya di Indonesia. Oleh – oleh haji yang disediakan salah berupa, sorban, peci, tasbih dan sejadah,” bebernya.

Penghasilan yang didapat para pedagang perlengkapan haji cukup besar. Dalam sehari, Budi bisa meraup keuntungan kurang lebih Rp 500.000.

“Untuk tahun ini tidak serame tahun kemarin. Musim haji tahun ini pendapatan hanya setengahnya perhari, jika dibanding tahun lalu saya bisa dapat Rp 1000.000 sehari,” pungkasnya. (Diana MG)

loading...