BOGOR TODAY – Pemerintah Kota Bogor menyiapkan berbagai pergelaran menyambut pawai obor Asian Games 2018 yang dijadwalkan melintas di Kota Bogor pada 14 Agustus 2018 mendatang. Penyambutan itu sekaligus memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536.

Rencana itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat seusai rapat koordinasi Balaikota, Selasa 17 Juli 2018. “Karena ini event langka dan skala internasional. Apa salahnya kita buat semeriah mungkin, sekaligus mempromosikan Kota Bogor ke dunia internasional,” katanya.

Ade menganggap kesempatan itu sebagai suatu kehormatan bagi masyarakat Kota Bogor. Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan momentum tersebut untuk mengharumkan nama baik daerahnya, dengan cara terlibat sebagai penonton maupun pengisi acara.

Ia menjelaskan konsep acara tersebut lebih kepada memaksimalkan pawai obornya. Pemerintah daerah berencana mengerahkan sekitar 15.000 pelajar tingkat sekolah dasar hingga menengah untuk menyabut pawai obor Asian Games 2018 nanti. Mereka, kata Ade, akan disebarkan di sekitar Kebun Raya Bogor.

Selama obor Asian Games 2018 menginap satu malam di Kota Bogor, Ade mengatakan akan menggelar festival budaya dan berbagai acara hiburan. Acara tersebut akan difokuskan di Balaikota. Ia berharap kegiatan tersebut menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bogor, Eko Prabowo, obor Asian Games dijadwalkan tiba Selasa 14 Agustus 2018 sekitar pukul 09.00. Obor yang dibawa dari Cianjur rencananya akan dibawa dan diserahterimakan terlebih dulu di Museum PETA Jalan Sudirman Kecamatan Bogor Tengah.

Sebanyak 20 orang pelari yang mengiringi pawai obor itu kata Eko, akan disambut 10 orang pelari di Kota Bogor termasuk di antaranya Walikota Bogor Bima Arya. Mereka akan mengelilingi Kebun Raya disambut 15.000 pelajar di kanan-kiri jalan raya.

“Obor akan terlebih dahulu masuk ke Istana Kepresidenan. Setelahnya baru akan bermalam di Balaikota Bogor,” Ujar Eko.

Ia mengatakan, Kota Bogor akan menjadi daerah terakhir yang dilintasi obor Asian Games sebelum dibawa ke Jakarta. (net)

loading...